Selasa, 16 April 2024

Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat Latihan Bersama

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pererat kerjasama Marinir TNI AL bersama Marinir Amerika Serikat. Foto: Dispen Kormar

Korps Marinir TNI AL bersama Marinir Amerika Serikat gelar latihan bersama di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin (17/07/2017), guna mempererat kerjasama Marinir kedua negara.

Bertajuk: Marines Tactical Warfare Simulation (MTWS), latihan bersama secara resmi dibuka Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) Komandan Pasmar-1, yang diwakili Kolonel Marinir Siswoto Wakil Komandan Pasmar-1.

Dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Pasmar-1, Komandan Pasmar-1 mengatakan, latihan bersama antara Indonesia dengan Amerika Serikat dalam bentuk gladi posko tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama taktik dan prosedur pasukan multinasional dalam hubungan operasi bantuan kemanusaiaan dengan menggunakan sistem perencanaan militer.

Selain itu juga untuk melatih unsur pimpinan dan pembantu pimpinan Satuan Korps Marinir tingkat batalyon dalam proses pengambilan keputusan militer sesuai level jabatan terkait penanganan bencana alam.

Orang nomor satu di Pasmar-1 itu berharap, latihan yang menggunakan teknologi simulator terbaru tersebut dapat meningkatkan kemampuan prajurit Marinir di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menuju kesiapan profesionalitas prajurit di abad komputerisasi, dengan tetap dilandasi rasa persaudaraan marines brotherhood antar prajurit Marinir kedua negara.

“Saya yakin dan percaya, sumbangsih dan kerja keras selama melaksanakan latihan ini akan meningkatkan hubungan baik kedua Negara khususnya Korps Marinir TNI AL dan USMC, dengan harapan semoga latihan ini dapat terlaksana secara berkesinambungan dimasa yang akan datang,” kata Danpasmar-1.

Sementara itu, Letkol Marinir Prasetyo Pinandito selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) mengatakan latihan bersama tersebut akan berlangsung hingga 21 Juli 2017 dengan peserta latihan sejumlah 35 orang, dengan rincian 25 prajurit Korps Marinir TNI AL dan 10 prajurit USMC.

Kegiatan yang dihadiri Wadan Brigif-1 Mar Letkol Mar Dede Harsana, Wadan Menbanpur-1 Mar Letkol Mar M. Zaenal, Wadan Menart-1 Mar Letkol Mar Kurniawan BCP, Paban Sops Pasmar-1 Letkol Mar Rivelson Saragih, Paban Log Pasmar-1 Letkol Mar Wempi, Pasintel Brigif-1 Mar Letkol Mar M. Amin, S.Pd.,M.A.P, Paslog Brigif-1 Mar Letkol Mar Yudi Asmar, Pabandyalat Sops Kormar Mayor Marinir Widarta Kusuma dan pejabat dijajaran Pasmar-1 tersebut juga dihadiri Wadanyon 1 Brigade 3 Okinawa, Jepang, Mayor USMC Brian P. Huysman.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs