Sabtu, 25 Mei 2024

Marsekal Hadi Tjahjanto akan Lanjutkan Lima Program Jenderal Gatot Nurmantyo

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Panglima TNI (melambaikan tangan) bersama Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Marsekal Hadi Tjahjanto akan melanjutkan lima program Jenderal Gatot Nurmantyo.

Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI mengucapkan banyak terima kasih kepada seniornya yaitu Jenderal Gatot Nurmantyo yang selama ini telah membimbingnya untuk bisa sampai ke pucuk pimpinan.

Menurut Hadi banyak yang sudah diberikan oleh Jenderal Gatot, di antaranya sinkronisasi kekuatan lima program prioritas.

“Banyak yang diberikan oleh beliau Jenderal Gatot. Kemudian apa yang sudah direncanakan Jenderal Gatot adalah sinkronisasi kekuatan terhadap pembangunan nasional. Sehingga ada lima program prioritas pembangunan di Natuna, Tarakan, Morotai, Biak, Merauke dan Selaru akan kita lanjutkan karena itu adalah sejalan dengan program pembangunan yang sudah dijalankan oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Hadi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Soal kebijakan mutasi pejabat tinggi, Hadi tetap akan mengikuti petunjuk administrasi yang berlaku di TNI.

“Mutasi itu ada aturannya. Jadi aturannya adalah berdasarkan Jukmin yang ada adalah apabila personel tersebut sudah menduduki jabatan dua tahun. Kemudian memang diperlukan untuk kedinasan dalam rangka mendukung tugas pokok, mendukung visi dan misi pimpinan,” kata dia.

Sementara untuk Alutsista yang dimiliki TNI saat ini, tetap berpedoman pada Minimum Essential Cost. Saat ini sudah masuk Renstra kedua 2014 sampai 2019. Sehingga menunggu saja apa yang segera harus dipenuhi. Di antaranya adalah pemenuhan oesawat tempur, kemudian ada beberapa pelesat transport, radar, dan kapal selam.

“Itu yang sedang kita tunggu. Sehingga renstra kedua ini, jadi kalau renstra pertama pembagiannya 30%, 30%, dan 40%. Semuanya jadi 100, dan saat ini kita menunggu realisasinya sampai dengan 2019 nanti renstra kedua harus sudah tercapai 30%,” jelas Hadi.

Menghadapi Pemilu yang akan datang, Panglima TNI mengaku bersama-sama dengan komponen lainnya, yaitu Polri, akan senantiasa menjaga seperti yang Jenderal Gatot sampaikan pada waktu di Akpol, yaitu akan netral terhadap jalannya pemilihan.

“Kita juga akan melakukan kegiatan bersama-sama Polisi. Kita solid dengan Polisi untuk menjaga jalannya pesta demokrasi ini. Sehingga netralitas itu akan kita jaga di atas segala-segalanya,” ujarnya.(faz/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
26o
Kurs