Minggu, 5 Mei 2024

Mendapat Piala Adipura Kencana, Surabaya Absen Kirab

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI memberikan ucapan selama kepada Tri Rismahirini Wali Kota Surabaya usai menerima penghargaan Adipura Kencana untuk Kota Surabaya kategori Kota Metropolis pada 2017. Foto: Istimewa

Muhammad Fikser Kabag Humas Pemkot Surabaya mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi terkait kirab Adipura Kencana di Surabaya.

“Sampai saat ini saya belum menerima informasi ada kirab di Surabaya. Kalau nggak salah sudah dalam kurun waktu 2 tahun terakhir di Surabaya tidak ada kirab Adipura Kencana,” kata Fikser saat dihubungi suarasurabaya.net.

Kata Fikser, biasanya Surabaya akan mengadakan kirab tahunan yang tidak hanya kirab 1 penghargaan saja melainkan banyak penghargaan yang diperoleh dalam waktu 1 tahun.

“Kenapa tidak ada kirab mungkin banyak pertimbangannya. Kalau kita kirab bersama-sama tidak hanya penghargaan nasional tapi juga internasional merupakan apresiasi pada warga Surabaya,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kota Surabaya kembali menerima penghargaan Adipura Kencana sebagai yang terbaik untuk kategori Kota Metropolis pada 2017. Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menerima piala Adipura Kencana ini di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Penyerahan penghargaan ini berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Ada beberapa penilaian yang termuat di buku terbitan Kementerian LHK, yang memuat pemaparan kepala daerah mengenai upaya menjaga lingkungan hidup, termasuk upaya yang dipaparkan Risma.

Kementerian LHK mengapresiasi kebijakan hunian vertikal di dokumen rencana tata ruang Surabaya supaya penduduk ber-KTP Surabaya terpenuhi kebutuhan tempat tinggalnya, di tengah keterbatasan lahan.

Selain itu, mengenai kegiatan patroli air di Surabaya dalam hal pengawasan dan pengendalian pencemaran air dan pembinaan terhadap pelaku pencemaran air.

Kementerian LHK juga mengapresiasi upaya Pemkot Surabaya dalam monitoring IPAL komunal, penerbitan dan pengawasan izin pembuangan limbah cair, program rehabilitasi sosial daerah kumuh, pembangunan jalan frontage, dan pengaplikasian ATCS.

Upaya pereduksian sampah dengan teknologi 3R di Surabaya, serta pembangunan ruang terbuka hijau yang hingga 2016 lalu mencapai 7.258 hektar (21.73 persen dari luas wilayah) juga diapresiasi Kementerian LHK. Termasuk kegiatan penghijauan pada 2016 lalu yang telah mencapai 32,57 hektare dengan 58,582 batang pohon. (dwi/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs