Sabtu, 4 Mei 2024

Mendikbud Pastikan Ujian Nasional Tahun ini Siap Dilaksanakan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memastikan persiapan ujian nasional untuk SMK dan MAK baik Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), siap dilaksanakan.

Mendikbud mengatakan, soal berbasis kertas sudah berada di lokasi masing-masing daerah dan siap didistribusikan ke sekolah-sekolah​ mulai besok.

Untuk yang berbasis komputer persiapan juga telah matang, mulai dari listrik, jaringan sudah dikoordinasikan di tingkat pusat. Menteri berharap pengiriman soal melalui jaringan tidak ada keterlambatan.

Semua biaya UNBK tahun ini dibiayai oleh pemerintah pusat, baik yang berada di naungan Kemendikbud maupun Depag.

Mendikbud mengatakan, pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat ikut berperan untuk memerangi kecurangan di sekolah selama ujian.

“Sudah saatnya membangun masa depan Indonesia dimulai dari sekolah. Muridnya harus dididik keras tentang kejujuran termasuk gurunya. Kalau ada guru yang coba-coba curang akan kami ditindak tegas,” ujarnya di sela menghadiri acara Gebyar Prestasi Al Quran di Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdlatul Ulama Khadijah Surabaya, Sabtu (1/4/2017).

Menurut Mendikbud, penerapan ujian berbasis komputer memang tidak bisa dipaksakan 100 persen secara nasional. Sebab, ada beberapa daerah yang masih terkendala masalah teknis seperti listrik dan jaringan internet.

“Tapi kami terus memacu agar semua menerapkan berbasis komputer. Seperti di Jatim sekarang SMK 100 persen bisa menggunakan komputer,” katanya.

Sekadar diketahui, UN untuk SMK/MAK akan dilaksanakan terlebih dulu yakni pada 3-6 April 2017. Sementara UN SMA/MA akan berlangsung pada 10-13 April 2017.

Adapun UN SMP/MTs akan dilakukan dengan sistem dua gelombang. Gelombang pertama UN SMP/MTs yakni pada 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017. Sedangkan gelombang kedua UN SMP/MTs berlangsung pada 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs