Sabtu, 18 Mei 2024

PKK Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara di Lingkungan Pemprov Jatim

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Nina Soekarwo Ketua Tim Penggerak PKK Jatim saat mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) Tes, di gedung negara Grahadi, Selasa (17/10/2017). Foto: Humas Pemprov Jatim

Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur akan melakukan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara bagi kaum hawa di lingkungan Pemprov Jatim.

Sasarannya adalah isteri Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai ASN perempuan. Kegiatan akan dilakukan pada tanggal 30 Oktober sampai dengan 4 November 2017.

Nina Soekarwo Ketua Tim Penggerak PKK Jatim mengatakan, kegiatan ini untuk menekan jumlah penderita kedua jenis kanker tersebut.

“Sudah saatnya masyarakat harus diberikan pemahaman mengenai hidup sehat demi kelangsungan hidupnya. Hal wajib yang perlu diperhatikan adalah fokus memperbaiki gaya hidup, salah satunya dalam hal makanan,” ujarnya seperti dalam siaran pers Humas Pemprov Jatim, Selasa (17/10/2017).

Kanker serviks dan kanker payudara, jelas Bude Karwo, sangat berbahaya bagi kaum perempuan. Karena tidak menimbulkan keluhan, penyakit ini disebut silent disease.

Akibatnya, sekitar 70 persen perempuan yang mengidap baru memeriksakan diri ketika sudah pada stadium lanjut, yaitu stadium 3 atau 4, atau acapkali telah menjalar ke banyak organ.

Oleh karena itu, ia mengharapkan deteksi dini ini menjadi sebuah gerakan masyarakat. Di Jatim sendiri saat ini tercatat sebanyak 92 ribu perempuan telah melakukan deteksi dini.

“Deteksi dini adalah langkah penting mengurangi silent disease ini,” katanya.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs