Sabtu, 4 Mei 2024

PT PAL Lakukan Keel Laying Kapal LPD Pesanan TNI AL

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Laksamana Muda TNI Mulyadi Aslog Kasal, didampingi Budiman Saleh Dirut PT PAL Indonesia saat meletakkan koin sebagai bagian dari rangkaian prosesi Keel Laying Kapal LPD. Foto: Abidin suarasurabaya.net

PT PAL Indonesia melakukan proses Keel Laying (Peletakan Lunas) Landing Platform Dock (LPD) pesanan TNI-AL yang ketiga, Senin (28/8/2017).

Pengadaan kapal dengan masa pembangunan 23 bulan, ini didasarkan pada kontrak dengan nomor KTR/03/02-49/I/2017/Disadal pada 11 Januari 2017. Dari 5 tahapan proses pembangunan kapal, tahapan ke-2 Keel Laying ini dilakukan 4 bulan lebih awal dari rencana pada tanggal 28 Desember 2017.

Budiman Saleh Direktur Utama PT PAL mengatakan, langkah percepatan ini dilakukan untuk mengantisipasi pemenuhan target proyek Multiyears yang sangat ketat, dimana pada akhir tahun 2017 harus mampu mencapai progress minimal yang ditetapkan sebesar 40 persen.

“Pencapaian progress pada akhir Juli 2017 telah mencapai 21,72 persen dari rencana 11,50 persen atau surplus 10,22 pesen, sehingga kami merasa optimis untuk dapat memenuhi target akhir tahun yang telah ditetapkan,” ujarnya usai prosesi simbolis Keel Laying di PT PAL.

Menurut Budiman, kapal LPD ini memiliki fungsi asasi untuk menjalankan berbagai operasi militer sebagai bentuk penguat diplomasi TNI-AL dalam menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan laut terluar kedaulatan Indonesia. Selain itu, kapal ini mampu menjalankan misi kemanusiaan baik secara evakuasi, pencarian, penyelamatan bahkan fungsi administrasi pemerintahan bergerak.

“Kapal yang dirancang untuk tempat pusat koordinasi ini mampu mengangkut hingga 771 personel yang terdiri dari crew, pasukan dan penumpang,” katanya.

Sebelumnya, PT PAL telah membangun 2 Unit LPD melalui Program Alih Teknologi (Transfer of Technology) dari Korea yakni KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593 tahun 2011 untuk TNI-AL. Melalui pengalaman serta inovasi penguasaan teknologi, PT PAL juga telah berhasil untuk pertama kalinya mengekspor 2 Unit SSV pada tahun 2016 dan 2017 untuk Angkatan Laut dengan tepat mutu dan tepat waktu.

Keel Laying yang ditandai dengan pengelasan penyambungan lunas kapal ini juga dihadiri oleh Laksamana Muda TNI Mulyadi Aslog Kasal, Rahmat Lubis Wakil Komisaris dan disaksikan para pejabat Angkatan Laut beserta Jajaran Manajemen PT PAL berlangsung di Grand Assembly Area Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia (Persero). (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
29o
Kurs