Jumat, 26 April 2024

Pasta Gigi Inovatif Berbahan Buah Apel

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Widia dan tapal gigi buatanya yang berbahan dasar buah Apel Malang. Foto: Humas UWKMS.

Pengalaman makan buah apel yang meninggalkan rasa kesat di gigi, Luh Putu Widiasih Wijayanti Tusan mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), membuat inovasi tapal gigi berbahan dasar buah apel.

“Berdasarkan hasil penelitian, buah apel mengandung anti bakteri Streptococcus mutans penyebab plak gigi, dan akan menimbulkan karies. Buah apel dari Malang bila dikonsumsi rutin bisa mencegah karies,” kata Widia.

Apple Dyne adalah produk inovasi yang diciptakan Widia dengan menggunakan bahan dasar buah apel dari Malang. Dengan memanfaatkan zat aktif Katekin yang banyak terdapat di bagian kulit dan daging buah apel Malang.

Pasta gigi dipilih Widia karena merupakan tipe perawatan gigi paling sederhana dan umum dikenal oleh masyarakat kita. Agar nyaman dan tidak memicu iritasi, Widia mencampurkan bahan Cocamidopropyl betaine yang terbukti aman meskipun busanya sedikit.

Apple dyne lebih alami karena menggunakan bahan alam, selain itu risiko iritasi akibat penggunaan rutin juga lebih sedikit.

“Diharapkan dengan rutin menggunakan tapal gigi berbahan dasar buah apel ini ornag tidak mudah terserang sariawan,” ujar Widia.

Dibimbing Farida Lanawati Darsono, S.Si., M.Sc dan Martha Ervina, S.Si., M.Si., Apt., Widia butuh waktu sekurangnya 6 bulan untuk menuntaskan proses penelitiannya, yang kemudian berlanjut menjadi bahan penelitian untuk skripsinya.

Widia berharap inovasinya dengan bahan dasar buah apel ini dapat dipublikasikan di jurnal Internasional. Selain itu juga bisa diproduksi secara massal serta dirasakan oleh masyarakat. Apple dyne bertekstur lembut, mudah digunakan, dan membuat gigi kesat.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs