Senin, 29 April 2024

Pemkot Surabaya Tetap Jadikan Jalan Upa Jiwa Sebagai Jalan Umum

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya di ruang kerjanya, Jumat (21/4/2017). Foto: Denza suarasurabaya.net

Pengadilan Negeri Surabaya telah menolak gugatan PT Assa Land atas kepemilikan Jalan Upa Jiwa, Rabu (19/4/2017) lalu. Pemkot Surabaya dapat kembali menguasai Jalan Upa Jiwa yang menjadi bagian dari bangunan Marvel City.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, dia akan tetap menjadikan Jalan Upa Jiwa sebagai jalan umum, sebagaimana termuat dalam Analisa Dampak Lingkungan dan Lalu Lintas (Andalalin).

Inilah, kata Risma, yang menjadi dasar penolakan Pemkot Surabaya atas permohonan PT Assa Land untuk menyewa jalan itu sebagai bagian dari Super Block mal dan apartemen Marvel City.

“Nanti yang di bawah (basement) boleh dimanfaatkan karena sudah telanjur. Juga di atas jalan itu. Ini juga terjadi di Grand Indonesia, di Jakarta,” katanya di ruang kerja wali kota, Jumat (21/4/2017).

Rencananya, Pemkot Surabaya akan memanfaatkan Jalan Upa Jiwa itu sebagai jalan pendukung Jembatan di Jalan Ratna, yang akan dibangun Pemkot Surabaya.

“Nanti jalan itu (Jalan Upa Jiwa) bisa untuk puter-puteran (putar balik kendaraan dari Jembatan,” katanya.

Pemkot akan mengizinkan PT Assa Land memanfaatkan basement di bawah jalan itu, serta bangunan di bagian atas jalan itu. Tapi Risma masih mempertanyakan rupa bangunan itu.

“Kami masih meminta kejelasan aset (basement) itu bagaimana setelah 20 tahun. Ini sedang kami konsultasikan dengan BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan),” kata Risma.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs