Sabtu, 27 April 2024

Penghasilan Merosot, Nelayan Pantura Mengadu ke Cak Imin

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Cak Imin saat berada di hadapan ribuan nelayan Pantura Tegal, Rabu (26/4/2017). Foto: Istimewa

Muhaimin Iskandar Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kaget mendengar kabar nelayan masih alami kesulitan. Ia pun langsung melihat dan mendengarkan langsung kesulitan yang dihadapi nelayan tersebut.

“Saya kaget mendengar laporan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI DPR RI F-PKB bahwa persoalan nelayan setelah 2 tahun lebih masih belum beres, karena itu saya memutuskan untuk melihat dan mendengar langsung fakta lapangan dan mengunjungi nelayan,” kata Cak Imin di hadapan ribuan nelayan Pantura Tegal, Rabu (26/4/2017).

Setelah mendengar dan menyaksikan langsung kondisi nelayan, Cak Imin menginstruksikan menteri kader PKB di kabinet untuk mengangkat nasib nelayan Pantura dalam sidang kabinet.

“Saya intruksikan kepada kader PKB yang duduk menjadi menteri Kabinet Kerja untuk mengangkat nasib nelayan Pantura dalam sidang kabinet,” ujarnya.

Cak Imin memastikan dirinya pun akan menyampaikan fakta di lapangan ini langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar menghasilkan jalan keluar terbaik bagi nelayan.

“Tujuan utama didirikannya Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah untuk membuat nelayan lebih baik hidupnya. KKP harus mewujudkan tujuan tersebut,” ucapnya.

Lebih jauh ia berkata, KKP ini pertama kali didirikan Gus Dur dan PKB. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, bukan malah mempersulit dan buat nelayan susah.

“Saya perintahkan Wakil Ketua Komisi IV dari PKB Daniel Johan untuk mengawal dan membantu memberi solusi atas kesusahan nelayan Pantura. Terus kawal nelayan sampai gol,” kata Cak Imin.

Di tempat sama, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan menegaskan, kebijakan Menteri Susi melarang nelayan menggunakan cantrang menciptakan pengangguran massal.

“Kebijakan ini membuat sekitar 2,4 juta kepala keluarga jadi pengangguran,” katanya.

Daniel berharap nasib nelayan agar segera mendapat perhatian pemerintah.

“Ini penting, kita harus menjaga kepercayaan rakyat kepada pemerintah. Saya sempat putus asa, tapi dengan perintah Cak Imin agar terus memperjuangkan nelayan sampai gol, maka ini akan kita perjuangkan sampai terwujud,” kata mantan menaker. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs