Jumat, 3 Mei 2024

Perayaan Hari Sampah Nasional di Surabaya Penghargaan atas Prestasi Risma

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sudirman Dirjen Pengelolaan Sampah Kementerian LHK (kiri) saat menghadiri rapat koordinasi di Balai Kota Surabaya, Jumat (10/2/2017). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) berkunjung ke Surabaya untuk rapat koordinasi mengenai kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017, Jumat (10/2/2017).

Sudirman Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Kementerian LHK mengatakan, memang ada perubahan jadwal dari sebelumnya akan digelar 21 Februari, maju menjadi 16 Februari mendatang.

“Ini enggak mendadak. Memang ada perubahan jadwal, tapi saya tidak tahu alasannya apa. Saya kan hanya pelaksana, ada perintah diubah tanggal sekian, “siapkan!” ya saya siapkan,” katanya, usai rapat.

Adapun alasan Kementerian LHK memilih Surabaya, kata Sudirman, karena prestasi yang telah dilakukan oleh Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

“Nah, Kementerian LHK tidak bisa ngasih apa-apa. Makanya kita gelar peringatan ini sebagai penghargaan, serta untuk menyenangkan masyarakat dan para pejabatnya,” kata Sudirman.

Menurutnya, Surabaya sudah siap mengadakan kegiatan yang rencananya akan dihadiri oleh Joko Widodo Presiden di Pantai Cumpat, Bulak, itu.

Hendro Gunawan Sekretaris Daerah Pemkot Surabaya mengatakan, Pemkot Surabaya sudah mempersiapkan kegiatan ini, terutama berkaitan sarana dan prasarana.

“Bu Wali juga sudah meninjau, Bu Menteri juga sudah meninjau, dan Selasa besok kami diundang ke Kementerian untuk finalisasi pelaksanaan acara. Tapi pada prinsipnya Pemkot Surabaya siap menggelar acara ini,” katanya.

Jadwal sementara, Joko Widodo Presiden akan menghadiri acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 ini di Cumpat dan terlibat dalam beberapa kegiatan.

Jokowi Presiden yang akan didamping Siti Nurbaya Menteri LHK, Soekarwo Gubernur Jawa Timur, serta Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya akan turut kegiatan bersih-bersih pantai.

Bersih-bersih pantai ini akan dilakukan secara serentak di wilayah lain di seluruh Indonesia.

Rencananya, Jokowi Presiden juga akan melakukan teleconference dengan beberapa Kepala Daerah, baik dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Walikota Balikpapan, dan Walikota Manado.

Tidak hanya itu, Presiden juga akan menghadiri pemberian penghargaan kepada para pengusaha dan Bank Sampah di Surabaya yang berhasil melakukan program pengolahan sampah dengan baik.

Sudirman, Dirjen Pengelolaan Sampah Kementerian LHK menyebutkan akan ada 10 Bank Sampah terpilih yang akan menerima penghargaan dan menerima bantuan Kredit Usaha Rakyat dari Kementerian Koperasi dan UKM. (den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs