Senin, 29 April 2024

Perguruan Tinggi Diminta Bantu Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Soekarwo, Gubernur Jawa Timur. Foto: Iping/Dok. suarasurabaya.net

Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) diharapkan ikut membantu meningkatkan kwalitas pendidikan dan kesehatan melalui pendidikan karakter serta kemampuan tambahan.

“Saya sangat berterima kasih karena keterbatasan pemerintah dibantu swasta untuk mencerdaskan bangsa dan memberikan pendidikan karakter yang baik sesuai kultur bangsa,” kata Soekarwo, Gubernur Jawa Timur usai menerima kunjungan Aptisi Jawa Timur di kantor Gubernur, Selasa (10/1/2017).

Menurut dia, pendidikan dan kesehatan menjadi kunci dasar meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan sehingga jika keduanya berjalan baik maka otomatis kualitas sumber daya manusia (SDM) turut meningkat.

“Imbasnya nanti pasti meningkatkan pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Timur,” kata Soekarwo.

Gubernur menjelaskan bahwa permasalahan dasar di Jawa Timur yakni soal diskriminasi pendidikan dan cara pandang yang bukan pada subyeknya, melainkan administrasi.

Menurut dia, sekitar sejuta lebih warga Jawa Timur saat ini mengenyam pendidikan diniyah salafiyah yang saat ini tak memiliki akses karena tidak masuk di Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan.

“Inilah mengapa kemudian IPM Jatim, khususnya SDM kita dalam posisi yang tidak bagus. Hal ini sulit dimasuki karena menjadi bagian kultural dan sampai sekarang belum tuntas, terutama di kawasan tapal kuda di Jatim,” katanya.

Sementara itu, Suko Wijoyo, Ketua Aptisi Jawa Timur mengatakan bahwa Aptisi akan menggelar Musyawarah Wilayah pada 11 Februari 2017 dan berharap Gubernur Jawa Timur hadir sekaligus memaparkan program-programnya.

Aptisi Jawa Timur sendiri memiliki anggota 363 perguruan tinggi swasta (PTS) mulai kampus kecil hingga besar yang tersebar di seluruh daerah di provinsi ini.

Turut mendampingi dalam pertemuan kali ini adalah Saiful Rachman, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur; kemudian beberapa rektor diantaranya Rektor Universitas Darul Ulum Jombang, Rektor Universitas Adibuana Surabaya, serta Rektor Universitas Widya Kartika Surabaya. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs