Kamis, 16 Mei 2024

Pesan Romo Suprapto Bagi Jemaat saat Jumat Agung

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) bukan lembaga politik. Karena itu KWI melarang gereja dipergunakan untuk kegiatan politik praktis, meskipun di sisi lain, gereja tetap menghormati hak politik setiap jemaatnya.

Demikian disampaikan Romo Suprapto, Ketua Komisi Kerasulan Awam KWI, pada ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta, Jumat (14/4/2017).

“Tidak ada alasan bagi umat Katolik yang sudah dewasa dan mempunyai hak pilih, tidak memggunakan hak konstitusinya. Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan hak pilih, dilakukan dengan penuh tanggung jawab, atas kesadaran sendiri, bukan atas tekanan pihak lain, atau kerena imbalan sesuatu,” kata Romo Suprapto.

Karenanya, dalam pesta demokrasi, seperti Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pilkada, umat Katolik diimbau tidak ada yang Golput.

Sementara itu, tablo jalan salip di Gereja Katedral mendapat perhatian cukup besar dari umat Katolik Jakarta. Bahkan sebagian jemaat terpaksa harus mengikuti prosesi jalan salip di luar gereja melalui layar monitor.

Prosesi ibadah Jumat Agung di Katedral dilanjutkan Misa penghormatan salib pada pukul 12.00 dan 15.00 WIB.

Sedangkan Minggu Paskah pada 16 April 2016 akan diselenggarakan Misa Pontifikal yang dipimpin Ignatius Suharyo, Uskup Agung Jakarta. (jos/fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs