Jumat, 19 April 2024

Portal Jasa Servis Mobil Jawaban Meningkatnya Jumlah Mobil di Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Sebuah layanan servis mobil, melalui portal jasa servis mobil dipertemukan klien dan jasa servis. Foto: mobil123

Mochammad Bachrum Firdaus Wibisono mahasiswa Prodi Teknik Informatika Untag Surabaya ciptakan Portal Jasa Servis Mobil Area Surabaya berbasis website. Membantu menghubungkan dan menfasilitasi pemilik usaha jasa servis mobil dan para klien.

Perlunya perawatan dan pemeliharaan serta perbaikan mobil yang terus bertambah jumlahnya dari tahun ke tahun di Kota Surabaya, melatarbelakangi keinginan Bachrum Firdaus Wibisono menciptakan portal yang memberikan informasi akurat, lengkap tentang bengkel mobil.

“Tidak hanya itu, portal ini sekaligus memberikan peluang pemilik usaha bengkel mobil untuk memperkenalkan dan mempromosikan lebih luas usaha bengkel mobilnya,” kata Bahrum pada suarasurabaya.net, Selasa (24/1/2017).

Menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript dan database MySql, postal yang dirancang dengan fitur user interface ini diharapkan dapat mempermudah orang yang ingin mendapatkan informasi bengkel mobil dan pemesanan servis.

Halaman menu utama, halaman menu register, halaman menu utama klien menampilkan data klien secara detail. Untuk melakukan order, klien bisa masuk menu order implementasi menu utama klien.

Halaman menu utama bengkel menampilkan data bengkel secara detail dan pihak bengkel dapat mengambil orderan juga menginputkan data mekaniknya. Halaman menu data bengkel untuk melihat list bengkel yang sudah terdaftar menjadi member di web portal bengkel.

Sedangkan untuk halaman order klien untuk membuat order service yang akan di take order oleh pihak bengkel.

“Terdapat juga halaman order darurat klien, untuk membuat order yang sifatnya darurat dan harus segera dilakukan penanganan oleh mekanik. Yang pasti ada banyak halaman yang bisa dimanfaatkan oleh pihak bengkel maupun klien pengguna jasa,” kata Bachrum.

Portal jasa servis mobil area Surabaya berbasis Web ini dapat membantu menghubungkan dan menfasilitasi para pemilik usaha servis mobil dan para kliennya. Juga memudahkan para pemilik usaha servis mobil untuk mempromosikan bengkel mereka.

“Klien akan dimudahkan saat membutuhkan informasi untuk servis mobil kapanpun dan dimanapun melalui perangkat gadgetnya. Ditengah kesibukan yang tinggi para pemilik mobil bisa melakukan servis kendaraannya melalui aplikasi ini,” kata Bahcrum.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs