Minggu, 14 Juli 2024

Presiden Dorong Bank Pembangunan Daerah Memperbesar Kredit untuk UMKM

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan

Joko Widodo Presiden mendorong BPD supaya menyalurkan kredit pada sektor yang lebih bersifat produktif khususnya untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Beberapa BPD sudah mampu merealisasikan hal tersebut seperti dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Jokowi mengharapkan bisa dicontoh oleh bank daerah lainnya.

“Provinsi lain tinggal mengcopy Jatim. Tidak usah sulit-sulit. Kalau ada yang bagus silakan ditiru, diterapkan di provinsi lain,” kata Presiden pada pertemuan tahunan pelaku industri jasa keuangan 2017 di Istana Negara, Jumat (13/1/2017).

“Jangan hanya memberi kredit kepada yang besar saja, tapi yang kecil harus diperhatikan untuk memperpendek kesenjangan,” pesan Jokowi.

Dalam pertemuan tahunan pelaku industri jasa keuangan, Presiden memberikan penghargaan kepada Soekarwo Gubernur Jatim kategori penggerak tim akses keuangan daerah.

Presiden juga memberi penghargaan serupa kepada Ganjar Pranowo Gubernur Jateng dan Gubernur Sulawesi Selatan.

Menurut Presiden, penting sekali BPD menjalin kerjasama antara BPD yang besar memberikan support kepada yang masih kurang.

Pemerintah daerah juga bisa memberikan subsidi atas bunga kredit perbankan sehingga masyarakat lebih terbantu. Dengan demikian, kegiatan ekonomi bisa lebih cepat tumbuh ke depannya.

“Saya minta juga Gubernur memberikan subsidi bunga kepada yang kecil-kecil tadi dari APBD,” tegasnya.

Soekarwo Gubernur Jatim mengatakan, seruan Presiden itu sudah dilaksanakan semua oleh bank pembangunan Jatim. “Makanya daerah lain disuruh meniru Jatim,” kata Pakde Karwo didampingi Soeroso Dirut Bank Jatim. (jos/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
21o
Kurs