Rabu, 24 April 2024

Puting Beliung Merusak Ratusan Rumah di Dua Desa Krian

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Kondisi Jalan Desa Terung Kulon pascaangin puting beliung melanda dua dusun di desa tersebut, Rabu (15/2/2017). Foto: Idrus Khoirul via e100

Agustin Iriani Camat Krian, Sidoarjo menyebutkan data rumah terdampak angin puting beliung yang terjadi di dua desa di Kecamatan Krian, Rabu (15/2/2017) sore tadi. Setidaknya ada 155 rumah permanen di dua desa ini rusak terdampak puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tadi.

Dua desa terdampak di Kecamatan Krian ini adalah Desa Terung Kulon dan Desa Keboharan. Sedangkan di Desa Terung Kulon, ada dua dusun yang rumah dan warganya terdampak angin puting beliung, yakni Dusun Kasak dan Dusun Kembangsore.

Petugas Kecamatan Krian mencatat, di Dusun Kasak ada 75 kepala keluarga (KK) yang terdampak angin puting beliung. Sedangkan di Dusun Kembangsore ada sebanyak 50 KK yang terdampak. Rumah-rumah di dua dusun ini rusak parah terkena angin. Kondisi paling parah terjadi di Dusun Kasak.

”Saya masih di lokasi Dusun Kasak. Kerusakan paling parah memang di sini. Rumahnya sampai roboh dan hancur, tiang listrik patah. Sedangkan di Kembangsore, rusaknya tidak begitu parah. Ada atap yang hilang dan pagarnya rusak,” kata Agustin Iriani, Camat Krian, kepada Radio Suara Surabaya Rabu malam.

Agustin mengatakan, untuk sementara waktu, terutama Rabu malam ini, warga terdampak angin puting beliung di dua dusun di atas akan ditampung di Balai Desa Terung Kulon.

Selain Desa Terung Kulon, ada desa lain di Kecamatan Krian yang terdampak puting beliung Rabu sore tadi. Agustin menyebutkan, ada kurang lebih 30 KK di Desa Keboharan yang terdampak angin tersebut. Namun, dia menyebutkan, kerusakan rumah tidak begitu parah seperti di Desa Terung Kulon.

Agustin menambahkan, dua orang warga Dusun Kasak, Desa Terung Kulon, Krian, Sidoarjo mengalami luka parah di bagian kepalanya dan harus dirujuk ke RSUD Sidoarjo. Dua orang ini, Marsinem dan Marsadah, mengalami luka terbuka cukup lebar di bagian kepalanya saat puting beliung terjadi.

Sore itu Marsinem dan Marsadah yang memiliki warung hendak pulang ke rumah. Keduanya berada di luar bangunan saat peristiwa puting beliung itu terjadi. “Kemungkinan terkena apa ya, barang yang dibawa puting beliung itu, sampai luka di kepalanya,” kata Agustin.(den)

Teks Foto:
– Sebuah rumah warga di Desa Terung Kulon, Krian, rusak terdampak puting beliung, Rabu (15/2/2017). Warga pemilik mengumpulkan material rumah untuk perbaikan. Foto: Muhammad Rijal via e100

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs