Selasa, 30 April 2024

Ribuan Peserta Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Grahadi

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang ke 72 digelar di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (1/6/2017). Foto: Taufik suarasurabaya.net

Upacara peringatan hari lahir Pancasila yang ke 72 digelar di halaman gedung negara Grahadi Surabaya, Kamis (1/6/2017).

Upacara kali ini merupakan yang pertama kali sejak Presiden Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2016 lalu.

Upacara di Grahadi dimulai tepat pukul 08.00 WIB yang didahului dengan tibanya Gubernur Jawa Timur sebagai inspektur upacara.

Bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Wahyu Purnomo yang sehari-hari menjabat Kepala Seksi Keamanan Pertahanan dan Pangkalan Lanud Surabaya.

Kemudian Perwira upacara Mayor M. Abdullah Kepala Sub Garnisun 0832 Surabaya Selatan.

Upacara kali ini diikuti sekitar 1.000 peserta yang masing-masing terdiri dari satu kompi korp musik Satpol PP, satu kompi taruna Akmil, satu kompi gabungan TNI AD/AL/AU, satu kompi Polri, dua kompi KORPRI, satu kompi mahasiswa, dua kompi pelajar dan tiga peleton organisasi kepemudaan.

Kepres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2016 juga sempat dibacakan oleh Himawan Estu Bagiyo Kepala Biro Hukum Pemprov Jatim.

Sementara itu dalam amanahnya, Soekarwo Gubernur Jawa Timur mengatakan, dengan digelarnya upacara pengibaran bendera di penjuru Tanah Air, komitmen seluruh rakyat Indonesia terhadap empat pilar negara yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, diharapkan bisa semakin teguh.

“Ini bukan sekadar upacara, namun meneguhkan komitmen kita semua terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya

Sementara itu untuk memperlancar upacara, jalan Gubernur Suryo ditutup untuk sementara waktu sejak pukul 08.00 WIB dan semua kendaraan dialihkan baik yang dari Jalan Tunjungan maupun yang memutar dari Jalan Basuki Rahmat. (fik/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
33o
Kurs