Kamis, 9 Mei 2024

Sambut Hari Perdamaian Dunia, UM Gelar Run for Peace

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Peserta Run for Peace di Universitas Muhammadiyah Surabaya pakai topeng tokoh dunia. Foto: Humas UM Surabaya

Ribuan civitas academica kampus Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Jumat (15/9/2017) bersama masyarakat sekitar kampus mengikuti kegiatan Run for Peace menyambut peringatan Hari Perdamaian Dunia yang diperingati 21 September.

Yang menarik, aksi berlari yang dikemas dalam Run for Peace tersebut ditandai dengan peserta seluruhnya mengenakan topeng kertas wajah-wajah tokoh perdamaian dunia. Mulai dari Gandhi sampai dengan wajah Desmond Tutu.

Dr.dr Sukadiono, MM., Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bentuk komitmen Universitas Muhammadiyah sebagai kampus Islam yang tanggap terhadap keinginan menciptakan perdamaian dunia.

“Dan kami dari kampus ini siap menyuarakan pesan-pesan perdamaian dunia. Konflik yang saat ini terjadi dibelahan dunia lain, harus segera diakhiri. Kami dari kampus ini akan senantiasa terus menerus menyuarakan perdamaian dunia, agar tidak lagi ada konflik,” ujar Sukadiono.

Kegiatan lari mengitari kawasan jalanan sekitar kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut langsung dilepas Sukadiono, yang saat itu juga tampil mengenakan topeng sebagai bentuk partisipasi pada kegiatan Run for Peace 2017.

Sementara itu, ditambahkan Radius Setyawan Kepala Pusat Informasi dan PMB Universitas Muhammadiyah Surabaya bahwa pihaknya ingin menyampaikan kepada masyarakat serta publik dunia bahwa saat ini tokoh-tokoh dunia mulai membangun solidaritas kolektif.

“Kini saatnya tokoh-tokoh dunia berkumpul, membentuk sebuah komitmern bersama untuk membangun kesadaran kolektif. Kesadaran kolektif untuk membangun sebuah perdamaian bagi masyarakat dunia. Oleh karena itu pada runfo peace ini peserta diberikan topeng tokoh dunia,” ujar Radius Setyawan pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
33o
Kurs