Sabtu, 18 Mei 2024

Semarak Suasana Kemerdekaan dengan Karnaval

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Karnaval di Desa Gerbo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan, Minggu (20/8/2017). Foto: Wandono Altan via e100

Sejumlah warga di beberapa kawasan di Surabaya menggelar karnaval untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Minggu (20/8/2017) pagi hingga siang hari. Karnaval peringatan hari kemerdekaan RI ini menjadi bagian dari kegiatan selain tasyakuran yang rutin digelar setiap tahunnya.

Kegiatan rutin ini, biasanya dilakukan pada akhir pekan pertama setelah hari peringatan kemerdekaan Indonesia. Sejumlah netizen mengabadikan momen ini dan mempostingnya melalui beberapa saluran media sosial Suara Surabaya Media. Seperti yang dilaporkan oleh Ardhisty Cahya Putri via Fanpage Facebook e100.

“Kebonsari arah karah macet.. Ada karnaval..,” tulis Ardhisty di caption foto yang dia bagikan melalui fanpage e100 Suara Surabaya Media. Di foto itu, tampak beberapa warga menggunakan pakaian ada sedang menunggangi kuda dalam sebuah pawai di kawasan tersebut.

Tidak hanya di kawasan Kebonsari, Karnaval melibatkan grup marching band anak-anak tampak digelar di sekitar Jalan Manukan Tama. Ini sebagaimana dilaporkan oleh Zhafira, melalui Fanpage Facebook e100.

Karnaval peringatan Kemerdekaan RI ini ragamnya bermacam-macam. Warga RT 07, RW 01, Kelurahan Gayungan menggelar jalan sehat dan karnaval. Seperti tampak di foto yang dikirimkan oleh Ganda Fendi S via Facebook e100, warga peserta karnaval tampak gembira.

Tidak hanya di Surabaya, karnaval peringatan Kemerdekaan RI juga tampak digelar dalam pawai di kawasan Desa Gerbo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Di foto yang dikirim oleh Wandono Altan ke Facebook e100, tampak warga mengenakan kostum kesatria di zaman kerajaan menunggangi sebuah ogoh-ogoh burung.

Euforia kemerdekaan memang bisa diekspresikan dalam bentuk apapun. Karnaval menjadi salah satu bentuk ekspresi dalam kebersamaan warga yang perlu dilestarikan. Pada praktiknya, memang kegiatan seperti ini akan menimbulkan sedikit kemacetan di jalur-jalur yang dilewati pawai.

Tapi dengan kegiatan seperti ini, seluruh warga yang menjadi peserta karnaval itu bersatu dalam kebersamaan demi merawat Kemerdekaan Indonesia yang direbut oleh para pahlawan dalam perjuangan yang tidak mudah.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
26o
Kurs