Minggu, 12 Mei 2024

Sepeda Risma, Hadiah dari Kementerian LHK Empat Tahun Lalu

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sepeda elektrik merek Betrix model azure yang dirilis 2011 silam itu merupakan hadiah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Foto: Bagus Ardianto Suara Surabaya

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya hari ini, Jumat (29/9/2017), gowes ke kantor dari rumahnya di Perumahan Taman Pondok Indah Wiyung naik sepeda yang tidak bisa dikatakan baru.

Sepeda elektrik merek Betrix model azure yang dirilis 2011 silam itu menurut Risma merupakan hadiah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada 2013 silam.

“Sudah empat tahun ini. Dulu ini hadiah dari Kementerian LH,” ujarnya di Balai Kota Surabaya, usai gowes dari rumahnya dengan menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam.

Sepeda Betrix tipe Azure ini merupakan model sepeda elektrik yang cukup populer di Indonesia. Rangkanya terbuat dari aluminium dilengkapi baterai berkapasitas 36 Volt.

Model ini juga dilengkapi display LCD dan rem model disc brake, serta diklaim mampu menempuh jarak 42 km hingga 47 km. Di awal-awal peluncurannya, harga satu unit sepeda Betrix Azure ini mencapai Rp9,1 juta.

Tapi, saat gowes ke kantor hari ini, Risma mengaku tidak menggunakan fitur elektrik sepedanya. “Soalnya sudah lama rusak ini,” ujarnya.

Saat dalam perjalanan gowes ke kantor bersama para pejabat Pemkot Surabaya yang menemaninya, Risma sempat beberapa kali berhenti di kawasan Jalan Raya Darmo untuk berganti sepeda.

Tadi pagi, memang ada sejumlah lima mobil operasional yang membuntuti rombongan pejabat Pemkot Surabaya saat bersepeda. Beberapa membawakan sepeda cadangan untuk Risma.

Tapi pada akhirnya, Risma tetap memilih sepedanya sendiri karena sepeda pengganti yang sempat dia coba ternyata kurang nyaman dia gunakan. Sebabnya, sadel sepeda itu terlalu tinggi.

Saat ini, tidak hanya sepeda Risma, ratusan sepeda milik pejabat dan PNS Pemkot Surabaya terparkir di kawasan Balai Kota Surabaya.

Ada beberapa pegawai yang memarkir sepedanya di depan kantor masing-masing, seperti di Dinas Cipta Karya dan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan.

Sebelumnya Risma juga mengatakan, pegawai boleh membawa masuk sepedanya ke dalam kantor kalau memang tidak sampai menggangu pekerjaan pegawai lainnya.(den/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
29o
Kurs