Jumat, 29 Maret 2024

Sidang Perdana Praperadilan Setya Novanto Jilid II akan Digelar Hari Ini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ruang Sidang Utama PN Jakarta Selatan yang akan dipakai menggelar sidang praperadilan Setya Novanto masih kosong, Kamis (30/11/2017). Foto: Farid suarasurabaya.net

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2017), akan menggelar sidang praperadilan yang diajukan Setya Novanto Ketua DPR RI, tersangka korupsi proyek KTP Elektronik.

Kusno Wakil Ketua PN Jakarta Selatan adalah hakim tunggal pada sidang gugatan jilid II Novanto atas penetapan status tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Agenda sidang perdana adalah pembacaan permohonan praperadilan dari pihak Setya Novanto selaku pemohon, yang diwakili tim kuasa hukumnya.

Made Sutrisna Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat panggilan kepada KPK sebagai pihak termohon untuk hadir dalam sidang praperadilan hari ini.

Rencananya, sidang akan dimulai pukul 10.00 WIB. Tapi, sampai sekarang hakim, panitera, pihak pemohon dan termohon belum berada di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Agus Rahardjo Ketua KPK mengatakan sudah mempersiapkan strategi baru untuk menghadapi gugatan hukum yang diajukan Novanto untuk kedua kalinya.

Sekadar diketahui, dalam kasus korupsi KTP Elektronik, Setya Novanto diduga berperan mengatur proses penganggaran sampai pengadaan bersama sejumlah pihak.

Novanto yang pernah menjabat Ketua Fraksi Golkar DPR RI, diduga meminta jatah Rp60 miliar dari proyek Kementerian Dalam Negeri, yang anggarannya tahun jamak senilai Rp5,9 triliun.

Sebelumnya, Novanto pernah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 17 Juli 2017. Tapi, status itu dianulir hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam putusan praperadilan, tanggal 29 September 2017.

Pada 31 Oktober 2017, KPK kembali menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka korupsi hingga merugikan keuangan negara sekitar Rp2,3 triliun, serta menghambat penerapan KTP Elektronik secara nasional. (rid/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs