Selasa, 18 Juni 2024

Stok Terbatas, Surabaya hanya Terima Enam Ribu Blangko KTP Elektronik

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Blangko KTP Elektronik. Foto: Denza / Dok. suarasurabaya.net

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya baru saja menerima pembagian blangko KTP Elektronik dari Kementerian Dalam Negeri sebanyak 6 ribu blangko, Jumat (15/9/2017). Jumlah ini tentu tidak bisa langsung mencukupi kebutuhan cetak KTP warga Surabaya.

Suharto Wardoyo Kepala Dinas Kependudukan Kota Surabaya mengatakan, kemarin petugas berangkat ke Jakarta untuk mengambil langsung di Kantor Kemendagri. Karena blangko masih dibagi dengan daerah-daerah lain, maka Surabaya dapat tambahan 6 ribu saja.

“Pada April-Mei lalu, Surabaya dapat 88 ribu, itu sudah habis untuk cetak KTP pemohon. Sekarang ada tambahan 6 ribu, akan kami prioritaskan untuk masyarakat yang sudah rekam dan tinggal cetak,” ujarnya dihubungi suarasurabaya.net, Jumat (15/9/2017).

Suharto mengatakan, rekam KTP warga yang sudah siap cetak jumlahnya 133 ribu. Sementara yang belum rekam sebanyak 145 ribu.

“Jumlah 6 ribu pasti tidak bisa menutupi kebutuhan seluruh pemohon. Kami prioritaskan untuk kecatamatan-kecamatan yang memiliki alat cetak KTP El,” ujarnya.

Suharto mengatakan, saat ini ada 17 Kecamatan di Surabaya yang memiliki alat cetak KTP Elektronik, yaitu Kecamatan Rungkut, Wonocolo, Gubeng, Mulyorejo, Tambaksari, Tegalsari, Wonokromo, Simokerto, Kenjeran, Pabean Cantikan, Semampir, Sukomanunggal, Tandes, Sawahan, Wiyung, dan Benowo.

“Untuk kecamatan yang belum memiliki mesin cetak bisa mencetak di kecamatan terdekat yang sudah memiliki mesin cetak,” katanya.

Suharto mengatakan, alasan tidak bisa mengambil blangko dalam jumlah banyak, karena di kementerian jumlahnya terbatas. Blangko juga masih harus dibagi ke daerah-daerah lain.

“Hari Senin taggal 25 September, ada rapat teknis di Kemendagri, nanti kami ambil lagi blangko KTP,” katanya. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs