Jumat, 29 Maret 2024

Surabaya Dapat Penghargaan Kategori Global Green City dari PBB

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama perwakilan beberapa Kota Negara lain penerima penghargaan Global Green City, di Markas PBB, New York, Senin (31/10/2017). Foto: Istimewa

Kota Surabaya mendapat penghargaan Sustainable City and Human Settlements Award (SCAHSA) untuk kategori Global Green City dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya menerima penghargaan ini di New York, Senin (31/10/2017).

Muhammad Fikser Kabag Humas Pemkot Surabaya mengatakan, penghargaan itu diberikan PBB karena Risma berhasil mengubah wajah Surabaya jadi kota bersih dan hijau.

PBB menilai kegiatan yang telah digagas Pemerintah Kota Surabaya dalam urusan lingkungan, sangat baik. “Kegiatan yang mendapat apresiasi PBB, mulai dari penataan permukiman kumuh, menghijaukan taman dan menggerakkan masyarakat peduli lingkungan,” ujar Fikser.

Lewat penghargaan ini, Surabaya didaulat menjadi satu dari sederet kota bersih yang ada di dunia. Seperti Kota Maanheim (Jerman) dan Zhejiang Province (Tiongkok).

“Kerja keras pemkot bersama masyarakat dan semua pihak dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau, mendapatkan pengakuan dari dunia,” katanya.

Penghargaan ini diberikan kepada Rizma dalam rangkaian The 12th Global Forum on Human Settlements (GFHS) & Sustainable Cities and Human Settlements Awards (SCAHSA) Ceremony, di markas PBB di New York, Amerika Serikat.

Di acara itu, Risma tidak hanya diundang menghadiri acara, tetapi juga menjadi pembicara.

Risma menyampaikan paparan tentang beberapa hal, seperti transportasi kota, energi dan permukiman. Serta, tentang strategi dan inovasi yang dia lakukan di Surabaya selama setahun setelah dokumen New Urban Agenda diadopsi di Quito tahun 2016. 

Dalam kunjungan ke New York, Risma juga melakukan pertemuan dengan Wali Kota New York.

Tujuannya, memperluas jaringan kerja sama internasional Pemkot Surabaya serta untuk memperkaya pengetahuan dalam bidang pentaan kota dan pemukiman dalam rangka mewujudkan agenda 2030 tentang pembangunan berkelanjutan.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs