Sabtu, 4 Mei 2024

Terima Sampah Diapers, DLHK Sidoarjo akan Pertajam Kebijakan Lingkungan di Desa

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Bahrul Amig (kanan) Kepala Dinas LHK Sidoarjo menerima sampah diapers yang dievakuasi Ecoton dari Kali Surabaya di Jembatan Sepanjang, Taman Sidoarjo, Selasa (25/7/2017). Foto: Denza suarasurabaya.net

Bahrul Amig Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo menyatakan, menerima surat tuntutan sekaligus dua kuintal sampah diapers hasil evakuasi Tim Ecoton, Lembaga Konservasi Lahan Basah, Selasa (25/7/2017).

Amig mengatakan, sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan Ecoton sebagai pengingat agar dinasnya melakukan aksi yang jauh lebih baik dalam menangani sampah di sungai yang ada di Sidoarjo.

“Setelah ini, mari kita berjalan bersama-sama dalam menangani sampah ini. Saya sangat mengapresiasi langkah Ecoton, karena tidak bisa dielakkan kenyataan sungai di Sidoarjo memang seperti ini,” ujarnya.

Soal tuntutan peningkatan anggaran pengelolaan lingkungan Pemkab Sidoarjo, Amig mengatakan, memilih untuk mengambil langkah mendorong penajaman kebijakan di desa-desa yang ada di Sidoarjo.

“Karena desa ini memiliki Community Government tersendiri. Kami akan dorong untuk bikin peraturan-peraturan desa, mengalokasikan anggarannya tidak hanya untuk urusan administratif, tapi juga untuk Lingkungan,” katanya.

Rencananya, kata Amig kepada Tim Ecoton di kantornya, 30 Juli mendatang DLHK akan melakukan aksi bersama dinas terkait di Sungai Gedangan yang dianggap sering ditemukan sampah dari warga.

“Kami akan melakukan aksi nyata membersihkan sampah di sungai. Nanti kami juga akan melibatkan dan memberi sosialisasi kepada warga sekitar agar lebih peduli kepada sungai,” ujarnya.(den/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs