Kamis, 25 April 2024

Tonton Worldship Orchestra Japan, Belajar Jadi Masyarakat Internasional

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penampilan Worldship Orchestra Japan di SMPN 1 Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Bertempat di aula SMPN 1 Surabaya, Worldship Orchestra Japan hadir memainkan komposisi-komposisi orkestra di hadapan para siswa-siswi untuk mengenali musik orkestra sekaligus belajar menjadi bagian dari masyarakat internasional.

Sejumlah komposisi yang diambil dari soundtrack beberapa film di antaranya dari animasi Tonari No Totoro, serta ET dan beberapa komposisi lainnya dimainkan dengan penuh kegembiraan oleh para pelajar Jepang yang tergabung dalam Worldship Orchestra Japan.

“Setiap tahun Worldship Orchestra Japan tampil keluar negeri. Di Indonesia, mereka hanya singgah di Kota Surabaya, dan di beberapa sekolah termasuk di Surabaya. Selanjutnya nanti mereka akan menuju Vietnam dan Thailand,” ujar Lintang Suminar local coordinator Worldship Orchestra Japan.

Tahun ini, lanjut Lintang, kelompok orkestra ini memang hadir di Surabaya untuk memperkenalkan seni musik khususnya orkestra. “Melalui musik dalam Worldship Orchestra Japan ini mereka ingin memperkenalkan keberagaman dalam musik,” kata Lintang.

Sementara diakui Titik Sudarti Kepala SMPN 1 Surabaya, kehadiran Worldship Orchestra Japan ini memang sesuatu yang baru bagi siswa-siswinya.

“Ini memang memberikan kami semangat untuk mengenal dan memahami musik orkestra. Ini luar biasa sekali,” kata Titik.

Namun yang terpenting dari itu, dengan menyaksikan penampilan sebuah kelompok orchestra seperti ini, para siswa-siswi SMPN 1 Surabaya diajak untuk mengenal bagaimana sejatinya pergaulan masyarakat internasional.

“Bukankah kita semua diharapkan menjadi bagian dari masyarakat internasional? Part of world citizens? Paling tidak dengan menonton pagelaran-pagelaran semacam ini, anak-anak punya pengetahuan baru bagaimana musik orkestra itu,” kata Titik.

Ada banyak hal yang bisa diambil contoh. “Sebut saja kedisplinan, fokus, terus belajar. Kalau mereka ini tidka disiplin bagaimana mungkin mereka bisa bermain secara internasional. Semoga ini menjadi pemicu dan inspirasi bagi anak-anak,” ujar Titik.

Pada kesempatan di SMPN 1 Surabaya, juga dihadirkan soundtrack film Beauty and The Beast yang juga ditampilkan teaterikal yang juga dimainkan oleh anggota dan personel Worldship Orchestra Japan.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs