Rabu, 8 Mei 2024

Umat Katolik Masuki Tri Suci Paskah

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Umat Katolik di Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya menggelar persembahyangan Kamis Putih. Foto: Totok suarasurabaya.net

Memasuki Tri Suci Paskah, Kamis (13/4/2017) umat Katolik di Kota Surabaya menggelar persembahyangan Kamis Putih di sejumlah gereja.

“Kamis Putih menandai awal memasuki Tri Suci Paskah. Sebelumnya memang sudah digelar Rabu Abu. Secara khusus Kamis Putih akan diisi dengan doa dan upacara membasuh kaki umat oleh Romo,” kata Romo Yuventius Fusi Nusantoro Romo Kepala Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Katedral Surabaya.

Beberapa persiapan terlihat di Gereja Katolik di kawasan Jalan Polisi Istimewa Surabaya tersebut. Rangkaian bunga ada di deretan bangku gereja, demikian juga dengan deretan bangku di halaman gereja di bawah tenda-tenda warna putih juga ditata rapi.

“Hari ini sampai Minggu nanti menjadi bagian penting umat Katolik dalam merayakan Paskah. Kamis Putih, Jumat Agung hingga Minggu Paskah. Ketiganya menjadi penting karena masing-masing saling terkait menjadi satu rangkaian menyambut Paskah,” ujar Romo Yuventius.

Misa Kamis Putih ditandai dengan upacara membasuh kaki umat yang dilakukan oleh Romo. “Itu simbolisasi pelayanan kepada umat tanpa batas,” kata Romo Yuventius.

Sementara itu, untuk memberikan rasa aman, anggota Polisi dari Polsek Tegalsari, melakukan pengamanan disekitar gereja, dibantu puluhan anggota sekuriti dan mudika gereja Katolik Hati Kudus Yesus.(tok/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs