Minggu, 5 Mei 2024

Unair Tambah Jumlah Dosen Pendidik Klinis

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Soekarwo Gubernur Jawa Timur memberikan sertifikat pendidik kepada dosen Unair. Foto: Unair

Muhammad Nasir Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyerahkan sertifikat Nomor Induk Dosen Khusus (NIDK) kepada 39 dokter spesialis Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya dan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, di aula pertemuan Gedung Diagnostic Center, Senin (27/3/2017).

Selain penyerahan sertifikat dosen pendidik klinis, Menristek juga memberikan surat keputusan jabatan guru besar kepada satu profesor.

Menristek mengatakan, bahwa penyerahan sertifikat bagi dosen pendidik klinis ini merupakan jalan keluar dari persoalan status dosen klinis di rumah sakit pendidikan. “Nantinya, dosen di fakultas kedokteran harus bisa bekerja sama dengan dosen yang praktik di rumah sakit,” kata Nasir.

Nasir juga mengatakan, bertambahnya jumlah dokter yang menjadi pendidik klinis diharapkan mampu kolaborasi untuk memajukan kualitas pendidikan kedokteran, baik di bidang riset maupun pelayanan kesehatan. Ke depan, pihaknya juga berharap agar para dokter spesialis lainnya segera mengajukan permohonan sertifikasi dosen pendidik klinis.

Prof. Dr. Mochammad Nasih, Rektor Universitas Airlangga Surabaya mengatakan, salah satu lompatan besar yang dilakukan Unair menuju perguruan tinggi kelas dunia adalah penggabungan antara RSUD Dr. Soetomo dengan FK Unair. “Ini sangat membanggakan. Akhirnya, rasio kami jadi lebih baik,” tutur Nasih.

Pada acara yang sama, Soekarwo Gubernur Jawa Timur juga menyerahkan dana riset dan penghargaan publikasi hasil riset kepada sepuluh peneliti yang terdiri dari delapan dokter, satu perawat, dan satu teknisi.

Sebelumnya, jumlah pendidik di Unair yang memegang sertifikat NIDK berjumlah 216 orang. NIDK merupakan sertifikat dosen yang berasal dari kalangan praktisi seperti dokter spesialis maupun subspesialis dengan pengalaman kerja minimal dua tahun.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
28o
Kurs