Senin, 29 April 2024

Upacara Lebih Ringkas, Tanpa Pembacaan Pancasila dan UUD 45

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan

Sekitar pukul 10.40 WIB, pengibaran Bendera sang Merah Putih telah dilaksanakan dalam Upacara Detik-detik Proklamasi Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Halaman Gedung Negara Grahadi Jl Gubernur Suryo Surabaya, Kamis (17/8/2017).

Proses upacara kali ini berlangsung lebih ringkas. Pengibaran bendera merah putih dilakukan setelah doa. Kemudian tidak ada pembacaan teks Pancasila, tidak ada pembacaan UUD 45, dan tidak ada pembacaan amanat inspektur upacara. Upacara ini memang ada perubahan tata aturan mulai tahun ini.

Soekarwo Gubernur Jawa Timur sebagai inspektur upacara telah meninggalkan tempat upacara tanpa membacakan amanat atau pidato Presiden. Para undangan selanjutnya dijamu di ruang tengah Gedung Negara Grahadi untuk resepsi kenegaraan.

Total undangan dalam upacara ini sebanyak 3.610 orang. Komandan Upacara kali ini adalah Letnan Kolonel Infanteri Arynovian Hani Sampurno Komandan Kodim 0832 Surabaya Selatan Korem 084 Baskara Jaya.

Mengambil tema “Indonesia Kerja Bersama” sebagai tema nasional, peringatan kemerdekaan RI ke-72 ini dimaksudkan agar seluruh elemen bangsa mengedepankan kebersamaan dan gotong royong dalam memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam doa tadi juga disampaikan bahwa seluruh bangsa berharap dijauhkan dari perpecahan dan agar dimantapkan tekad dalam membangun bangsa. (bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs