Jumat, 3 Mei 2024

Upacara Sederhana Warnai Peringatan Hari Armada RI 2017

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Laksamana TNI Ade Supandi Kasal digotong prajurit TNI AL usai mengikuti upacara Hari Armada RI 2017. Foto: istimewa

Upacara militer memperingati Hari Armada Republik Indonesia 2017, digelar di Dermaga Madura, Koarmatim Ujung Surabaya, Selasa (5/12/2017) diwarnai dengan sejumlah kegiatan sederhana yang dilakukan para prajurit TNI AL.

Laksamana TNI Ade Supandi SE., MAP., Kepala Staf TNI AL (Kasal) bertindak selaku inspektur upacara militer yang diikuti segenap jajaran prajurit TNI AL di kawasan armada bagian timur (Armatim) Indonesia.

Pada amanatnya, Kasal menyampaikan sejarah tentang peringatan Hari Armada di masa perang kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan keberadaan puluhan kapal-kapal kayu yang dilengkapi dengan persenjataan sederhana tetapi memiliki tugas menjaga kedaulatan Indonesia kala itu.

Sejak pengakuan kedaualatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), armada Republik Indonesia mulai menambah kekuatannya dengan menerima penyerahan kapal dari Belanda serta pengadaan kapal-kapal dari negara lain.

“Memasuki umur ke 72 tahun Komando Armada Timur (Koarmatim) penguatan terhadap sarana dan prasarana kelautan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI terus kami lakukaan,” kata Laksamana TNI Ade Supandi.

Usai menggelar upacara militer, peringatan Hari Armada RI dilanjutkan dengan berbagai penampilan kekuatan TNI AL, diantaranya demonstrasi sea rider, sea cast, yang ditampilkan prajurit Kopaska maupun Yontaifib Marinir.

Peringatan Hari Armada RI tahun 2017, Selasa (5/12/2017) mengambil tema Armada RI Ksatria Pengawal Samudera dan Perekat Nusantara sebelumnya dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya ziarah ke makam pahlawan serta bakti sosial dengan satu diantaranya menggelar donor darah oleh prajurit TNI AL.(tok/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs