Senin, 20 Mei 2024

Wisatawan Tiongkok Semakin Banyak Berlibur ke Bali

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dinas Pariwisata Provinsi Bali

Adi Nugroho Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali menjelaskan jumlah wisatawan Tiongkok berkunjung ke “Pulau Dewata” 907.028 orang selama Januari-November 2016, meningkat 41,28 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 642.000 orang.

Kunjungan masyarakat negeri “Tirai Bambu” itu mampu memberikan andil 20,22 persen dari total wisman yang berkunjung ke Bali 4,48 juta orang. Tiongkok menempati peringkat kedua setelah Australia dari 10 negara terbanyak yang memasok turis ke “Pulau Dewata”.

Australia berada di peringkat teratas masyarakatnya yang berwisata ke Bali tercatat 1,04 juta orang, meningkat 19,46 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya 876.748 orang.

Jumlah wisatawan Tiongkok yang berbondong-bondong menikmati liburan ke Pulau Bali, bisa menyalip pelancong asal Australia yang selama ini menempati urutan teratas.

“Kehadiran wisatawan Tiongkok ke Bali bisa lebih banyak dari masyarakat Australia, jika transportasi udara dari negeri Tirai Bambu ke Bandara Ngurah Rai semakin lancar,” ujar Tjokorda Gde Agung pengamat pariwisata Bali.

Sepak terjang perusahaan penerbangan nasional negeri itu, yakni Garuda Indonesia dengan memusatkan perhatiannya terhadap lintasan penerbangan Tiongkok-Denpasar, Bali pergi-pulang (PP) sudah dapat dipastikan memberikan hasil gemilang.

Adanya angkutan udara relatif lancar menyebabkan angka peningkatan jumlah kunjungan turis asing asal Tiongkok ke Bali cukup tinggi, yakni mencapai 41,28 persen, persentase tertinggi kedua setelah India yang meningkat 60,59 persen.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
25o
Kurs