Kamis, 18 April 2024

Ada Kesepakatan, Saham Indonesia di Freeport Akhirnya Meningkat

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Joko Widodo Presiden di Tangerang, Kamis (12/7/2018), mengatakan bahwa PT. Inalum telah mencapai kesepakatan awal dengan PT. Freeport terkait kepemilikan saham nasional. Foto: Jose suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mengatakan, dirinya telah menerima laporan bahwa PT Inalum (Persero), perusahaan BUMN di bidang peleburan aluminium, telah mencapai kesepakatan awal dengan PT. Freeport terkait kepemilikan saham nasional.

“Saya telah mendapatkan laporan bahwa holding industri pertambangan kita, Inalum telah mencapai kesepakatan awal untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen dari yang sebelumnya 9,36 persen. Alhamdulillah,” kata Presiden kepada jurnalis di Tangerang, Kamis (12/7/2018).

Menurut Presiden, proses negosiasi yang dilakukan untuk mencapai kesepakatan itu memakan waktu kurang lebih tiga setengah tahun.

“Inilah tiga setengah tahun yang kita usahakan sangat alot, tiga setengah tahun dan sangat intens sekali, tapi memang kita kerjakan diam. Karena ini menyangkut negosiasi yang tidak mudah,” ujar Presiden.

Dengan kesepakatan awal ini, Presiden berharap pengelolaan tambang itu akan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi Indonesia. Selain itu, masyarakat Papua juga dia harapkan bisa menikmati hasil dengan jumlah dan kondisi yang lebih baik.

“Menurut saya, ini sebuah lompatan. Kita harapkan nanti akan mendapatkan income yang lebih besar baik dari pajak, royalti, dividen, dan retribusinya sehingga nilai tambah dari komoditas tambang yang ada di sana betul-betul bisa dinikmati oleh kita. Kepentingan nasional harus dinomorsatukan,” ucap Presiden.(jos/tna)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs