Sabtu, 25 Mei 2024

Amerika Serikat Minta Korea Utara Contoh Vietnam

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Dokumentasi pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, saat berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, Rabu (9/5/2018), dalam foto yang disiarkan oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara, Kamis (10/5/2018), di Pyongyang. Foto: Reuters.

Mike Pompeo Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, mendesak Korea Utara mengikuti contoh Vietnam. Donald Trump Presiden Amerika Serikat, yakin Pyongyang bisa meniru langkah Hanoi dalam memulihkan hubungan dengan Washington serta menjadi negara sejahtera.

“Namun, untuk mewujudkan itu, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, harus mengambil kesempatan sekarang,” kata Pompeo dilansir Antara.

Di depan sejumlah pengusaha besar Vietnam di kota Hanoi, Pompeo mengatakan, dia berharap Amerika Serikat bisa membangun hubungan sama erat dengan Korea Utara, seperti yang terjadi dengan Vietnam, yang dulunya adalah musuh besar Washington.

Pendapat itu disampaikan dua hari setelah perundingan dingin dengan Pyongyang untuk meyakinkan Kim menghentikan pengembangan senjata mereka.

Setelah perundingan itu, Korea Utara menuding Pompeo menerapkan diplomasi premanisme. (ant/bid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
27o
Kurs