Rabu, 24 April 2024

BBJN VIII Tunggu Hasil Penelitian untuk Menentukan Radius Dampak Amblesnya Raya Gubeng

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
I Ketut Darmawahana Kepala Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) VIII Surabaya (kanan) ketika mengunjungi lokasi amblesnya tanah di Jalan Raya Gubeng pada Rabu (19/12/2018) pagi. Foto: Abidin suarasurabaya.net

I Ketut Darmawahana Kepala Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) VIII Surabaya mengatakan, ada dua hal yang harus dilakukan sebelum melakukan perbaikan Jalan Raya Gubeng yang ambles.

Pertama harus melakukan penelitian untuk menentukan wilayah radius berapa yang harus diamankan agar tidak terdampak potensi longsor. Kedua, melakukan penyidikan kontur tanah untuk melihat kualitas kontruksi bangunan di sekitar lokasi yang perlu diamankan.

“Misalnya, bangunan Bank BNI apakah harus dibongkar dulu karena lokasi bangunannya paling dekat dengan longsoran dan terdampak,” ujarnya ditemui suarasurabaya.net di lokasi kejadian, Rabu (19/12/2018).

Ketut mengatakan, terkait adanya informasi bahwa sejak bulan Februari 2018 lalu, ditemukan ada rongga-rongga aliran air di bawah tanah saat penggalian basement, menurutnya harus dilakukan penelitian menyeluruh.

“Sebab, kalau ada aliran air di bawah tanah maka bisa mengakibatkan tanah keropos lebih meluas dan berakibat longsor,” katanya.

Sekadar diketahui, Irjen Pol Luki Hermawan Kapolda Jatim, Kombes Pol Rudi Setiawan Kapolrestabes Surabaya, dan Ketut Darmawahana Kepala BBJN VIII Surabaya, Rabu pagi, melakukan pemantauan bangunan-bangunan sekitar lokasi kejadian.

Kapolda Jatim juga meninjau Kantor Redaksi Harian Kompas untuk mrngkoordinasikan apakah nantinya akan pindah lokasi karena kejadian ini. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs