Sabtu, 4 Mei 2024

BNN Musnahkan Barang Bukti Narkoba Ratusan Kilogram Jaringan Internasional

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan pemusnahan barang bukti narkotika masing-masing sabu-sabu seberat 114,74 Kg, ekstasi sebanyak 59.895 butir dan AMB FUBINACA seberat 494,6 gram. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan pemusnahan barang bukti narkotika yang ke 11 kalinya di tahun ini. Jumlah barang bukti yang dimusnahkan kali ini masing-masing sabu-sabu seberat 114,74 Kg, ekstasi sebanyak 59.895 butir dan AMB FUBINACA seberat 494,6 gram.

Komjen (Pol) Heru Winarko Kepala BNN menjelaskan, seluruh barang bukti yang dimusnahkan tersebut berasal dari lima kasus berbeda, dan sudah mendapat putusan di pengadilan.

“Pertama, Kasus 31,45 kg sabu-sabu di Rokan Hilir provinsi Riau. Kedua, kasus 30 ribu butir ekstasi di Dumai provinsi Riau. Ketiga, kasus sabu-sabu 10 kg di Kalimantan Barat. Keempat, kasus Sabu 73,5 kg di Aceh, dan kelima, kasus kiriman dari Tiongkok berisi AMB FUBINACA,” ujar Heru dalam konferensi pers sebelum dilakukan pemusnahan barang bukti narkoba di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018).

Menurut Heru, kasus-kasus yang diungkap BNN ini semuanya berlangsung pada bulan Agustus 2018 yang merupakan kiriman dari jaringan internasional yaitu Malaysia dan Tiongkok.

“Dari pengungkapan 5 kasus yang berbeda ini, BNN berhasil menangkap 14 tersangka,” tegasnya.

Heru menjelaskan dari 14 tersangka yang ditangkap, satu diantaranya adalah IB alias Hongkong anggota DPRD kabupaten Langkat dari Partai NasDem sebagai pemilik barang.

Kata Heru, dari pemusnahan seluruh barang bukti dari lima kasus di atas BNN menyelamatkan lebih dari 634 ribu anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba.

Sebelum dimusnahkan, seluruh barang bukti narkoba yang akan dimusnahkan diambil sedikit untuk dilakukan uji kimia sebagi bukti kalau barang bukti tersebut asli. Disaksikan dari berbagai pihak seperti anggota DPR, pejabat Kejaksaan Agung, BPOM dan LSM, barang bukti tersebut kemudian dimusnahkan.(faz/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs