Rabu, 17 April 2024

BNPB Bantah Ada Pengusiran Relawa

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Sutopo Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto: suarasurabaya.net

Sutopo Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantah rumor bahwa pemerintah Indonesia mengusir relawan asing dari Sulawesi Tengah. Dia menyatakan bahwa pemerintah hanya meminta relawan asing memenuhi persyaratan dan prosedur yang ditetapkan.

Dia juga menjelaskan bahwa sebelumnya banyak relawan asing yang tiba-tiba datang ke Palu tanpa berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia sebelumnya.

“Ada yang perorangan, ada yang dari organisasi asing, menggunakan visa turis dan tanpa keahlian yang diperlukan sesuai yang ditetapkan pemerintah Indonesia,” kata Sutopo seperti dilansir dari Antara, Jumat (12/10/2018).

Sutopo mengatakan sukarelawan asing yang datang tanpa melapor dan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri diminta melapor terlebih dahulu. Sementara yang sudah mengikuti prosedur dan memenuhi ketentuan bisa tetap bekerja di Palu.

“Di negara lain yang terjadi bencana, pemerintahnya juga memberlakukan persyaratan dan prosedur. Tidak semua bebas langsung masuk ke daerah bencana,” katanya.

Sutopo kemudian mengapresiasi dan berterimakasih kepada para relawan yang turut membantu selama proses evakuasi serta pada pihak-pihak yang telah memberikan bantuan.

“Pemerintah Indonesia berterima kasih atas bantuan asing yang dapat membantu masyarakat terdampak bencana. Namun, ikuti ketentuan yang ada,” tuturnya. (ant/dim/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs