Selasa, 7 Mei 2024

Beberapa Tips untuk Mendapatkan Tiket KA Tambahan Lebaran

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Antrean pembelian tiket di loket yang tersedia di Stasiun Gubeng menjelang Lebaran 2017 silam. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Gatut Sutiyatmoko Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, penjualan tiket enam kereta api tambahan lebaran 2018 baik secara online maupun offline melalui website PT KAI dan jaringan mitra PT KAI akan dimulai tepat pukul 00.01 WIB, Senin (16//4/2018) dini hari.

“Masyarakat bisa melakukan pemesanan tiket KA tambahan ini melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, serta gerai minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net Minggu (15/4/2018).

PT KAI, kata Gatut, telah memperbesar kapasitas bandwidth dari sebelumnya hanya 150 MB menjadi 400 MB untuk memperlancar pemesanan tiket KA Lebaran 2018. KAI juga memperkuat sistem keamanan dengan meng-upgrade sistem firewall demi meminimalisasi risiko terjadinya gangguan sistem IT, serta mengoptimalkan server-server penjualan tiket.

PT KAI memberikan beberapa tips yang bisa dicoba saat melakukan perburuan tiket KA tambahan Lebaran 2018.

1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

2. Cari alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran 2018 akan dirilis bersamaan. Misalnya berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya.

3. Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang.

4. Traffic akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada jam 01.00-an. Pada beberapa kasus, beberapa pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali berstatus available (tersedia).

5. Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam maka tiket tersebut akan muncul kembali.


(Daftar Nama dan Ketersediaan Seat KA Tambahan Lebaran 2018. Data: PT KAI DAOP 8)

Perlu diketahui, beberapa dari enam KA tambahan lebaran yang tersedia untuk dipesan pada Senin dini hari nanti, ada Kereta Api Gajayana Lebaran relasi Gambir-Malang dengan kapasitas tempat duduk 900 seat, Sembrani Lebaran relasi Gambir-Surabaya Pasarturi dengan kapasitas 900 seat, serta Sancaka Lebaran relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng dengan kapasitas tempat duduk 1.420 seat.

Gatut menjelaskan, kereta api tambahan ini akan mulai beroperasi di tanggal yang bervariasi. Sebagian besar mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018. Namun ada KA yang beroperasi lebih awal, yakni Kertajaya Lebaran yang mulai dioperasikan mulai tanggal 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018.

Sementara, Gatut juga menyampaikan, sampai 13 April 2018 lalu, dari jumlah total tempat duduk KA reguler jarak jauh dan menengah (tidak termasuk KA lokal), tiket yang telah terjual sebanyak 42,91 persen. “Jadi masih banyak tiket KA reguler yang tersedia dengan berbagi rute dan tanggal keberangkatan,” katanya.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs