Jumat, 29 Maret 2024

Bill Gates Begadang Bikin Game yang Disebut “Memalukan”

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Bill Gates. Foto: Reuters

Tahun 80-an, Bill Gates muda meyakinkan IBM bahwa Microsoft adalah sistem operasi yang tepat untuk komputer terbaru mereka.

Saat itu, Microsoft tidak benar-benar punya sistem operasi untuk dijual. Gates bergegas membeli dari perusahaan rintisan yang sedang membuat sistem operasi bernama 86-DOS (disk operating system), mengubah namanya menjadi PC DOS lalu menjualnya ke IBM.

Dalam kontrak, IBM meminta Microsoft membuat versi Basic, bahasa program untuk pemula, beserta beberapa game. Demikian seperti diberitakan laman Independent, dikutip Antara, Senin (5/2/2018).

Gates ingat saat itu jam 4 pagi, dia dan Neil Konzen, temannya, sedang di ruangan kecil berisi prototipe komputer IBM.

“IBM bersikeras kami harus punya kunci. Cuma ruangan ini yang memiliki kunci. Jadi, kami lakukan semua di situ,” kata Gates.

Sambil membuat aplikasi Basic untuk dipasang di komputer IBM, mereka membuat game Donkey.Bas, game yang saat itu dia sebut “mendebarkan”.

Andy Hertzfeld, seorang karyawan Apple di masa awal, mengenang saat tim Macintosh melihat komputer IBM dan tidak terkesan dengan game yang dipasang di sana.

Ia bahkan menyebut Donkey.Bas “game paling memalukan” karena konsep dan grafis yang digunakan sangat “mentah”.

Begitu tahu game itu dibuat oleh Gates dan Konzen, Hertzfeld mengaku terkejut.

“Neil (Konzen) hacker remaja cemerlang yang saya kenal dari Apple II, tapi, kami terkejut game yang seluruhnya buruk itu dibuat bersama pendiri Microsoft, ” kata dia.

Pada 2001 lalu, Microsoft membuat reka ulang versi 3D Donkey.Bas, diberi nama Donkey.Net, berupa game mobil yang berusaha menghindari menabrak keledai.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs