Sabtu, 4 Mei 2024

Cerita Indonesia Kita Ajak Remaja Pahami Keberagaman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rian Surachman, Brand Manager Clean & Clear Indonesia, saat memaparkan program Cerita Indonesia Kita. Foto: Totok suarasurabaya.net

Mengajarkan dan memahamkan keberagaman, aneka perbedaan yang ada di negeri ini, sebaiknya dilakukan sejak dini, dan program Cerita Indonesia Kita, Jumat (7/9/2018) diluncurkan ajak remaja pahami perbedaan dan keberagaman.

Lebih dari 17.000 pulau dan 700 suku, serta beragam etnis, budaya, serta bahasa daerah masing-masing, Indonesia saat ini dihadapkan pada kurangnya pemahaman secara penuh mengenai arti keberagaman dan pentingnya mempunyai sikap toleransi yang berpotensi untuk menggeser nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

“Justru inilah saatnya bagi remaja atau anak muda negeri ini untuk berani menyampaikan ide-idenya, dan sikapnya terkait dengan aneka keberagaman serta berbagai perbedaan yang memang sejak lama ada. Remaja dan anak muda perlu memahami hal itu,” terang Rian Surachman, Brand Manager Clean & Clear Indonesia.

Program Cerita Indonesia Kita dimulai 15 Agustus 2018 lalu dan dijadwalkan akan terus berlangsung hingga tahun 2019 nanti.

Melalui kompetisi ini, para remaja puteri khususnya diajak menjelajah ke berbagai daerah pariwisata lokal di Indonesia serta mengenal langsung kebudayaan di sana. Diharapkan mereka dapat memahami perbedaan dan pada akhirnya membantu mereka untuk dapat menerima dan menghargai diri sendiri serta lebih percaya diri untuk meraih potensi mereka masing-masing secara maksimal.

“Yogyakarta jadi destinasi pertama kami. Keindahan alamnya serta adat budayanya masih cukup kental. Kami akan mengajak para remaja puteri untuk mengunjungi situs pariwisata lokal, mempelajari budaya, serta berinteraksi,” tambah Rian.

Di Kota Surabaya, program Cerita Indonesia Kita diluncurkan Jumat (7/9/2018) di SMKN 6 Surabaya. Puluhan siswi hadir dan terlibat pada kegiatan yang diharapkan memberikan pengalaman baru bagi para remaja.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
25o
Kurs