Sabtu, 27 April 2024

Demi Suksesnya Asian Games 2018, Korlantas Siapkan Strategi Lalu Lintas

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Irjen Royke Lumowa Kakorlantas memberikan keterangan jelang pelaksanaan Asian Games 2018, Jumat (26/1/2018), di Komplek PTIK, Jakarta Selatan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas) sudah menyiapkan strategi untuk menjamin kelancaran lalu lintas di Jakarta dan Palembang, pada pelaksanaan Asian Games ke-18, yang akan berlangsung 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Inspektur Jenderal (Polisi) Royke Lumowa Kepala Korlantas mengatakan, pengamanan dan pengawalan rute seluruh kontingen peserta harus berjalan lancar.

“Sekarang sudah kami siapkan konsepnya, termasuk berapa personel yang akan dilibatkan, dan berapa kendaraan yang digunakan. Untuk rekayasa lalu lintas, paling akan diterapkan sistem buka tutup jalur,” ujarnya di Komplek PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2018).

Irjen Royke menegaskan, pihaknya bertanggung jawab untuk menjamin kelancaran lalu lintas, serta ketepatan waktu kehadiran setiap kontingen.

“Yang kami utamakan, rombongan kontingen peserta harus tiba tepat waktu. Jadwal tidak boleh bergeser karena kena macet,” tegasnya.

Menurut Royke, ada tiga Polda yang terlibat dalam pelaksanaan Asian Games 2018, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat dan Polda Sumatera Selatan.

Nantinya, Polri akan menghitung berapa kali pergerakan kontingen peserta, sehingga bisa ditentukan jumlah personel yang akan mengawal.

“Untuk personel pengawalan saja, kalau saya hitung idealnya 450 orang. Dengan 45 negara peserta dan 40 cabang olahraga, minimal satu kontingen negara peserta mendapat pengawalan 10 kendaraan bermotor,” paparnya.

Secara keseluruhan, lanjut Royke, kira-kira personel yang akan diturunkan untuk menjamin kelancaran lalu lintas dan keamanan kontingen peserta Asian Games 2018 sekitar 2000 personel Polda Metro Jaya, 1500 dari Polda Sumatera Selatan, dan ada sedikit dari Polda Jawa Barat.

Tapi, Kakorlantas menyadari kalau Polri tidak bisa bekerja dan memutuskan sendiri. Maka dari itu, Polri akan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan demi menyukseskan Indonesia sebagai penyelenggara Asian Games.

“Tentu kami akan koordinasi dengan para stakeholder seperti Pemda DKI, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Jasa Marga,” kata Irjen Royke Lumowa.

Sekadar diketahui, Asian Games yang ke-18 rencananya akan diikuti 45 negara kawasan Asia, dan mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan 462 disiplin. (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs