Jumat, 26 April 2024

Di Amerika Serikat, Prajurit Korps Marinir TNI AL Tampilkan Kecak dan Sajikan Bakso

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prajurit Jorps Marinir TNI AL tampilkan tari Kecak di Pearl Harbour, Honolulu, Amerika Serikat. Foto: Dispen Kormar

Prajurit Korps Marinir TNI AL dalam Satgas Latma Multilateral Rim Of The Pacific (Rimpac) 2018 memeriahkan Indonesia Reception di geladak Helly KRI Makassar-590 yang bersandar di Pearl Harbor Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Dalam kegiatan tersebut prajurit Korps Marinir TNI AL dibawah pimpinan Letda Mart Jonathan menampilkan kesenian daerah Bali yaitu Tari Kecak.

Aksi kebolehan prajurit Marinir yang menampilkan Tari Kecak dengan tokoh Anoman yang diperankan oleh Kopda Mar Yusuf tersebut mampu menghipnotis para tamu yang hadir. Suasana hening dan semua mata memandang kearah penari Kecak yang sedang menari di tengah-tengah para tamu undangan.

Selain Tari Kecak juga disuguhkan Tari Saman dari Aceh dan bermacam-macam masakan khas Indonesia diantaranya bakso, rendang, sate, soto, gado-gado, lumpia dan lain-lainnya.

Begitu acara ramah tamah dimulai, masakan khas Indonesia langsung diserbu para tamu undangan,mereka penasaran dan ingin mencoba merasakan masakan khas Indonesia terutama bakso dan sate.

“Baksonya uenak banget,” ujar Novi yang asli Krembangan, Surabaya tersebut. Menurutnya, bakso merupakan satu diantara makanan favoritnya, oleh sebab itu setiap ada prajurit TNI AL yang hadir di Hawaii mengikuti latihan Rimpac, Novi beserta keluarganya dipastikan berkunjung ke Kapal Perang Indonesia untuk bertemu dengan prajurit-prajurit TNI AL untuk sekadar melepas rindu tanah kelahirannya.

Suasana bertambah meriah saat di penghujung acara seluruh tamu undangan dan prajurit TNI AL melaksanakan tari Gemu Famire yang dipandu oleh prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) yang ikut serta dalam Latihan Bersama Rimpac 2018 yaitu Letda Laut (P) Grace Simamora, Letda Laut (E) Natia, Serda Bah/W Hilda dan Serda EDE/W Riska Riski.

Kegiatan yang dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman beserta ibu, Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han), Atase Pertahanan RI untuk Amerika Serikat Marsma TNI Takarianto, Komandan Gugus Tugas Latma Rimpac 2018 Laksma TNI Agus Hariadi, Atase Angkatan Laut (ATAL) Indonesia untuk Amerika Serikat Kolonel Marinir Sungatijantoro dan Konjen Indonesia untuk Amerika Serikat tersebut juga dihadiri para Perwira dari negara peserta Rimpac 2018 dan masyarakat Indonesia yang berada di Hawaii.(tok/ipg)

Autentifikasi: Kasubdispenum Dispen Kormar Mayor Marinir Sutrisno

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs