Kamis, 25 April 2024

Dispendukcapil Surabaya Sempurnakan Pelayanan E-KTP

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. Istimewa

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya menyempurnakan alur pelayanan pengajuan kartu tanda penduduk elektronik di gedung Siola, Surabaya, Jatim.

Suharto Wardoyo Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya, di Surabaya, Jumat (19/10/2018), mengatakan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya secara singkat meminta agar alur permohonan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik disempurnakan.

“Artinya, apabila print ready record (PRR) belum siap, pemohon bisa menuju zona biometrik untuk mendapat pemutakhiran data seperti sidik jari, retina, dan layanan lain,” katanya dilansir Antara.

Menurut dia, alur pelayanan ini bisa mempercepat permohonan KTP elektronik dan tidak membuat warga mondar-mandir.

Ia menuturkan alur pengajuan KTP elektronik sebelumnya pemohon terlebih dahulu ke pusat informasi membawa PRR yang mana harus benar-benar siap cetak agar pemohon bisa menuju zona cetak.

Namun, lanjut dia, di zona cetak ada beberapa berkas pemohon yang belum ter-input akibat minimya perangkat. Data yang belum ter-input ini, pemohon diarahkan ke zona biometrik untuk perbaikan data.

“Langsung kami tambah dua unit komputer untuk mempercepat input data pemohon KTP elektronik,” katanya.

Menurutnya, masukan yang disampaikan Wali Kota Risma sangat membantu bahkan menyempurnakan sistem pengajuan KTP elektronik.

“Sangat baik agar pelayanan kami kepada warga lebih efisien dan dinamis,” ujarnya.

Tri Rismaharini sebelumnya memberi arahan kepada petugas Command Center di Siola pada Kamis (18/10/2018) yang satu gedung dengan Kantor Dispendukcapil.

Namun Risma menyempatkan diri melihat pelayanan KTP elektronik. Sekitar satu jam lebih, Risma berada di kantor tersebut untuk memastikan layanan KTP elektronik benar-benar berjalan dengan lancar utamanya melayani warga dengan benar agar tidak mondar-mandir.(ant/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs