Jumat, 3 Mei 2024

Etika Makan dan Table Manner Akan Pupuk Karakter Anak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa Great Crystal School and Course Center belajar etika makan dan table manner. Foto: istimewa

Sejak dini, anak-anak perlu diperkenalkan dengan etika makan agar memupuk serta mendidik karakter mereka. Selasa (6/2/2018), siswa Great Crystal School and Course Center diajak belajar mengenal dan tahu tentang etika makan.

Arya Putra Sundjaja S.E. B.B.A, Chef Ottimo Internasional mengajak para siswa untuk tahu secara detil dan mendasar tentang etika makan khususnya dengan benar dan sesuai aturan, termasuk bagaimana sopan di meja makan.

“Memang ada etikanya. Mulai dari duduk di depan meja makan, memegang garpu dan sendok ada teknik-tekniknya. Table manner itu penting, dan dari kegiatan singkat ini, anak-anak punya wawasan baru etika makan, dan bisa dipraktekkan,” terang Arya Putra.

Satu di antara hal penting yang harus diperhatikan ketika makan sup, lanjut Arya adalah tidak mengeluarkan suara, menggunakan sendok dari sisi samping bukan dari depan. Demikian juga ketika selesai makan, cukup mengusap mulut dengan tipis saja.

Pada kesempatan praktek etika makan dan table manner, Arya juga menjeaskan bagaimana menggunakan sumpit untuk makan saat hadir di acara-acara Imlek yang kerap diwarnai dengan kegiatan makan-makan.

“Saat menggunakan sumpit, tidak boleh memindahkan makanan dengan menggunakan sumpit, atau mengaduk-aduk makanan dengan sumpit juga tidka diperkenankan. Kalau mau memindahkan makanan harus menggunakan piring,” ujar Arya.

Sementara itu, ditemui usai pelaksanaan praktek etika makan dan table manner, Mifta Churrohman Deputy Great Crystal School, menyampaikan bahwa kegiatan kali ini digelar guna memberikan pengalaan baru dalam belajar kepada siswa-siswi.

“Siswa bisa belajar tentang hal lain yang memang tidka diajarkan secara khusus dibangku sekolah mereka. Tidak hanya siswa, beberapa wali murid juga antusias mengikuti kegiatan kami hari ini. Sangat luar biasa,” pungkas Mifta.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs