Jumat, 26 April 2024

HUT ke-341, Pemkab Bojonegoro Lakukan Ritual Pengambilan Api Abadi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ritual tari-tarian yang dilakukan sebelum pengambilan api abadi di Kayangan Api pada HUT Bojonegoro. Foto: jatengpos.com

Tepat hari ini akan menjadi hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Bojonegoro yang ke-341. Merayakan hari jadinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar prosesi pengambilan api abadi di Kayangan Api Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem.

Pengambilan api abadi dilakukan pukul 13.00 diawali dengan pengambilan di sumber api oleh Kepala Desa Sendangharjo bersama juru kunci. Kemudian diserahkan kepada Camat Ngasem untuk dibawa ke pendopo.

Amir Sahid Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Bojonegoro mengatakan sebelum melakukan pengambilan api abadi, sebelumnya akan dilakukan beberapa ritual terlebih dahulu.

“Nantinya ritual ini akan melibatkan 13 waranggana yang mengitari sumber api sebanyak tujuh kali yang diikuti Muspika, kades dan pembawa tumpeng,” jelasnya seperti yang dilaporkan Joe dari Radio Suara Bojonegoro Indah dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Jumat (19/10/2018).

Kirab api abadi dari Kahyangan Api dilakukan secara estafet oleh pejabat daerah. Puncaknya nanti malam dalam acara Grebeg Berkah Jonegaran bersama ribuan masyarakat di alun-alun kota. (dim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs