Rabu, 12 Juni 2024

Hari Lahir Pancasila, Ini Pesan Wali Kota Surabaya

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Tri Rismaharini bersama para guru foto bersama di depan Gedung Balai Kota Surabaya, Jumat (1/6/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengajak masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari. Menurutnya, nilai yang terkandung dalam Pancasila sudah sangat lengkap, mulai dari Ketuhanan hingga keadilan.

Pancasila merupakan dasar negara yang paling lengkap yang memuat dari sisi percaya hubungan kepada Tuhan hingga manusia. Nilai-nilai itulah, lanjut Risma, yang seharusnya bisa menginspirasi setiap individu untuk lebih menghormati orang lain, menumbuhkan rasa toleransi dan memperkuat persatuan.

“Kalau kita renungkan di dalam isi-isi Pancasila itu sudah lengkap, mulai kita percaya hubungannya dengan Tuhan, kemudian hubungannya dengan manusia. Itu semua ada di Pancasila dan sangat lengkap,” kata Risma, saat ditemui suarasurabaya.net di ruang kerjanya, Jumat (1/6/2018).

Salah satunya, kata Risma, sila keadilan dan kesejahteraan di dalam Pancasila yang sangat penting bagi kehidupan dan kenyamanan masyarakat. Bahkan sampai kapanpun, kelima sila dalam Pancasila sangat relevan dengan kehidupan manusia. Pancasila sudah jelas memuat dasar hidup dan sudah diatur dengan sangat lengkap.

“Bayangkan, apa yang membuat kita merasa nyaman hidup di mana pun, di dunia, kalau bukan keadilan dan kesejahteraan. Jadi apa yang ada di dalam Pancasila itu sudah lengkap. Saya tidak sepakat dengan pendapat orang yang mengatakan bahwa Pancasila itu tidak relevan. Ada yang ngomong Pancasila sudah tidak relevan lagi, itu salah. Karena disitu diatur lengkap sekali Ketuhanan, kemanusiaan, keadilan, kesejahteraan hingga persatuan sudah lengkap,” jelasnya.

Bekal Pancasila itu luar biasa, kata Risma, di mana jarang sekali dimiliki oleh negara lain. Pancasila memuat hubungan bangsa untuk bergerak maju, yang bisa terjadi dengan bersatu.

“Pancasila itu luar biasa, tidak ada yang punya. Lengkap sekali. Memuat hubungan kita semakin maju. Bagaimana mungkin bisa maju, kalau tidak bersatu. Itu jarang sekali suatu negara memiliki Pancasila seperti punya kita,” ungkapnya.

Pentingnya nilai-nilai Pancasila, membuat Risma akan terus menyampaikan dan menjelaskan makna Pancasila ke masyarakat terutama pada anak-anak. Menurutnya, ini agar tidak sekedar dihafalkan, melainkan juga dijadikan falsafah untuk berperilaku yang baik.

“Ini bukan berhala. Ini adalah falsafah yang akan menuntun untuk kita berjalan dan berperilaku dalam kehidupan. Itu yang akan diajarkan ke anak-anak,” pungkasnya. (ang/tna/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 12 Juni 2024
27o
Kurs