Minggu, 5 Mei 2024

Harlah Pancasila ke-73 Menonjolkan Keragaman Budaya dan Kerukunan Antarumat Beragama

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Jokowi Presiden

Pusat peringatan hari Kelahiran Pancasila tahun 2018 di Jakarta, kembali ditandai dengan pelaksanaan upacara di Gedung Pancasila yang terletak di area Kantor Kementerian Luar Negeri, kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Rencananya, Joko Widodo Presiden akan menjadi pemimpin upacara, seperti yang dilakukannya tahun lalu.

Sejumlah pejabat, Menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga negara juga siap mengikuti upacara mulai pukul 08.00 WIB, bersama tokoh agama, tokoh masyarakat serta berbagai kalangan masyarakat.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, persiapan acara peringatan ulang tahun Pancasila ke-73, sudah dilakukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Garnisun Jakarta selaku panitia penyelenggara dari hari Kamis (31/5/2018) pagi.

Di Jalan Pejambon yang posisinya persis di depan Kantor Kementerian Luar Negeri, ada sebuah panggung yang dilengkapi perangkat pengeras suara dan juga layar untuk pemutaran film.

Sedangkan di halaman Gedung Pancasila, ada satu set mikrofon dengan penyangganya, yang akan digunakan Joko Widodo Presiden menyampaikan pidato.

Di sekeliling area Gedung Pancasila juga dihias dengan Bendera Merah Putih.

Menurut keterangan KH Yuli Qomar Tenaga Ahli BPIP, peringatan hari lahir Pancasila tahun ini akan diisi sejumlah kegiatan.

“Akan ada parade tokoh-tokoh agama yang memakai pakaian khas masing-masing, sebagai simbol kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Kemudian parade peserta upacara dengan pakaian adat daerah asalnya sebagai simbol keberagaman budaya,” ujar Yuli kepada suarasurabaya.net di Kantor BPIP, Kamis (31/5/2018).

Selain itu, akan ada beberapa orang perwakilan/ikon prestasi, serta para pemenang lomba yel-yel Pancasila, film pendek, lomba foto dan penulisan esai.

Sekadar diketahui, penetapan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, tertanggal 1 Juni 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Dalam Keputusan Presiden itu ditetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila, dan peringatannya menjadi hari libur nasional sejak 1 Juni 2017. (rid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs