Senin, 29 April 2024

ITS Bimbing ITERA Kemaritiman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penandatanganan MoU antara ITS dan ITERA oleh masing-masing Rektor. Foto: Humas ITS Surabaya

ITS Surabaya bimbing Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengembangkan kemaritiman, ditandai penandatanganan MoU kerjasama pembinaan dan pengembangan institusi oleh rektor kedua institusi, Jumat (25/5/2018).

Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc Eng PhD., Rektor ITERA mengatakan, prospek Sumatera di bidang maritim sangatlah tinggi. Dalam perkembangannya nanti, ITERA akan mencoba memfokuskan pada ilmu kemaritiman dan akan membuat prodi-prodi di bidang maritim.

“Kami melihat ITS sangat maju dan piawai di bidang maritim, khususnya teknik perkapalan, karena itu untuk pengembangan ITERA kami mengacu pada ITS,” terang Ofyar Z Tamin.

Menurut Prof Ofyar, sebagai perguruan tinggi bidang teknologi yang baru disahkan tahun 2012 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI saat itu yang saat ini juga sebagai ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS yaitu Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, ITERA masih butuh pengembangan di berbagai bidang.

“Kami sangat berterima kasih kedatangan kami disambut baik, saat itu Pak Nuh (Prof Mohammad Nuh, red) menyampaikan bahwa ITERA harus bekerja cepat dalam hal kuantitas dan kualitas, oleh karena itu kami mengadakan MoU ini dengan ITS sebagai kakak kami perguruan tinggi di bidang teknologi,” tambah Ofyar.

Kerjasama antara ITERA dengan ITS ini akan berlangsung selama lima tahun ke depan. Dalam prosesnya nanti, ITERA juga akan mengirim sejumlah dosen mudanya untuk melanjutkan studi doktoralnya di ITS.

“Kami memiliki sekitar 250 dosen muda, rencananya sebagai tahap awal ada 5-10 dosen muda akan kami kirim untuk melanjutkan S3 di bidang perkapalan di ITS,” tambah Ofyar.

Sementara itu, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD., Rektor ITS menyatakan bahwa ITS yang juga menjadi orang tua asuh dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK) juga memiliki tanggungjawab kepada ITERA ‘saudara kembar’ dari ITK.

Pasalnya, kedua institut ini didirikan dalam kurun waktu bersamaan. “Saya sangat senang adanya kerjasama seperti ini, karena belajar yang baik adalah dengan mengajarkannya,” papar Joni.

Joni juga menambahkan, pihaknya akan memfasilitasi penuh kerjasama di bidang kemaritiman ini. Tidak menutup kemungkinan jika diperlukan kerjasama dalam bidang lain, ITS akan sangat terbuka untuk menerimanya.

“Kami dengan senang hati memfasilitasi kerjasama ini, apalagi ini bulan Ramadan yang penuh berkah,” pungkas Joni Hermana.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs