Rabu, 24 April 2024

Jalur Khusus CPNS untuk Lulusan Cum Laude dan Diaspora

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi tes CPNS. Foto: dok suarasurabaya.net

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), akan membuka ratusan ribu lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Tahun 2018.

Syafruddin Menteri PAN RB mengatakan, fokus perencanaan dan perekrutan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa dengan prioritas di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

Yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam proses perekrutan CPNS tahun ini, ada alokasi khusus untuk enam golongan masyarakat. Yaitu, untuk putra/putri lulusan terbaik (cum laude) dari berbagai universitas, penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, dan Atlet berprestasi internasional.

Selain itu, juga untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang sebelumnya terdaftar sebagai tenaga honorer kategori dua (K2) yang memenuhi persyaratan mengikuti seleksi, untuk jabatan guru dan tenaga kesehatan.

“Penerimaan CPNS tahun ini memang dibuka formasi khusus yang terdiri dari lulusan terbaik, penyandang disabilitas, putra putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, olahragawan berprestasi internasional dan tenaga pendidik serta tenaga kesehatan eks tenaga honorer K2 yang memenuhi persyaratan,” kata Syafruddin, Kamis (6/9/2018), di Jakarta.

Untuk diaspora, lanjut Menteri PAN RB, dialokasikan untuk jabatan peneliti, dosen dan perekayasa. Untuk peneliti dan dosen pendidikan minimal strata dua. Sedangkan untuk perekayasa bisa lulusan strata satu.

“Formasi khusus untuk atlet-atlet peraih medali di ajang Asian Games 2018, pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Menpora, merujuk Permenpora Nomor 6/2018 tentang Persyaratan dan Mekanisme Seleksi, dan Pengangkatan Olahragawan Berprestasi menjadi CPNS 2018,” imbuh Syafruddin.

Rencananya, jadwal pelaksanaan pengadaan CPNS Tahun 2018 dimulai pertengahan September, yang diawali tahap pengumuman, kemudian pendaftaraan dan verifikasi administrasi (minggu kedua September sampai minggu kedua Oktober).

Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang, rencananya pada minggu ketiga Oktober 2018. Lalu, pengumuman kelulusan pada minggu keempat November, dan tahap pemberkasan dimulai Desember 2018. (rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs