Jumat, 12 April 2024

Jasa Marga Siap Ganti Rugi Jika Kendaraan Rusak Akibat Kondisi Jalan Tol

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Dok. suarasurabaya.net

PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol melakukan berbagai upaya untuk mencegah sekaligus menaggulangi adanya gangguan bagi para pengendara yang menggunakan Jalan Tol Surabaya-Gempol.

Sebelumnya, banyak pengendara mengeluhkan banyaknya barang-barang berbahaya seperti, potongan kayu dan pecahan kaca di sepanjang Jalan Tol Surabaya-Gempol.

Menanggapi hal ini, Dwi Winarsa Kepala PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol mengaku bahwa pihaknya akan mengganti rugi jika pemakai jalan tol mengalami kerusakan kendaraan akibat gangguan maupun kerusakan jalan.

“Kami akan memberikan ganti rugi, misalnya kena lubang jalan atau pelek pecah bisa laporkan ke kami, dan kami akan lakukan ganti rugi,” kata Dwi kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (19/5/2018).

Jika pengendara mengalami kerugian atas kondisi jalan, lanjut Dwi, pengendara dapat menghubungi langsung pihak Senkom Jasa Marga melalui nomor telepon yang terlampir di kartu tol. Serta pengendara tidak harus mendatangi kantor Senkom Jasa Marga, cukup dengan menelepon dan nantinya akan ada petugas yang menghampiri posisi pengendara.

Meski demikian, pihak Jasa Marga tidak akan memberikan ganti rugi jika kerusakan itu diakibatkan di luar kondisi jalan tol.

“Kalau overpass kita ada railing di pagar tol untuk menghindari lemparan baru dari ke arah pemakai jalan dari atas overpass. Namun jika penyebab (kerusakan kendaraan, red) dari luar, secara aturan kita tidak mengcover itu,” jelasnya.

Sedangkan dalam mengantisipasi lonjakan pengendara yang menggunakan jalan tol, pihak Jasa Marga akan melakukan perbaikan mulai saat ini hingga H-10 lebaran. Persiapan itu juga termasuk perbaikan jalan-jalan yang rusak dan juga penambahan petugas dan instrumen di gerbang tol.

Selain itu, pihaknya mengaku juga akan lebih memperhatikan rest area yang biasanya para pemudik akan menumpuk di tempat itu untuk beristirahat.

“Kita persiapkan tempat istirahat, berkumpulnya pemudik untuk istirahat, toilet, tempat sholat dan lain-lain. Lebaran kita beri perhatian khusus di rest area,” kata Dwi.

Ia juga memastikan adanya ketersediaan kartu tol yang cukup bagi pengguna jalan yang disediakan di area sekitar gerbang tol dan tempat istirahat.(tna/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
27o
Kurs