Jumat, 29 Maret 2024

KPK Masih Membuka Lowongan Direktur Penyidikan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Agus Rahardjo Ketua KPK. Foto: Farid/Dok. suarasurabaya.net

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sampai sekarang masih mencari figur yang pas untuk mengisi posisi Direktur Penyidikan, menggantikan Brigjen Pol Aris Budiman.

Sebetulnya, Polri sudah mengajukan tiga nama calon, yaitu Kombes Pol Edy Supriyadi, Kombes Pol Andy Hartoyo Staf SDM Mabes Polri, dan Kombes Pol Djoko Poerwanto Kasubdit IV Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Mabes Polri.

Sedangkan dari internal KPK ada dua orang yang mengikuti proses seleksi sekitar pertengahan bulan Maret 2018.

Tapi, sesudah menyeleksi tiga calon dari Polri dan dua dari internal KPK, awal April 2018, KPK membuka pendaftaran seleksi lagi.

Seleksi ulang itu dilakukan, karena kelima orang calon itu dinilai masih belum memenuhi kriteria baik dari sisi kompetensi mau pun integritas.

Agus Rahardjo Ketua KPK menegaskan, seleksi ulang itu akan diikuti sejumlah calon baru. Dia juga berharap, dalam waktu dekat, ada calon yang memenuhi kriteria sebagai Direktur Penyidikan KPK.

“Dari sisi kompetensi, kami (Pimpinan KPK) belum bisa meyakini semua calon. Ada tiga dari Kepolisian dan dua calon dari internal KPK. Jadi, kami lakukan seleksi ulang,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (7/4/2018).

Sekadar diketahui, Brigjen Pol Aris Budiman yang mulai bertugas sebagai Direktur Penyidikan KPK per September 2015, akan kembali ke institusi Polri.

Berdasarkan keterangan Mabes Polri, masa jabatan personel Polri di KPK empat tahun, dengan masa ekstensi empat tahun, dan bisa diperpanjang lagi dua tahun kalau dibutuhkan.

Sampai sekarang, pos yang akan ditempati Brigjen Pol Aris Budiman di Polri masih dipertimbangkan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs