Senin, 1 Maret 2021

KSAL Pimpin Peringatan Hari Dharma Samudera 2018

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Upacara tabur bunga peringati Hari Dharma Samudera 2018. Foto: Dispen Kormar

Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) Komandan Korps Marinir (Dankormar) didampingi Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) Komandan Pasmar-1 hadiri upacara dan tabur bunga memperingati Hari Dharma Samudera 2018, di KRI Makassar-590 Dermaga Madura, Ujung, Koarmatim, Surabaya, Senin (15/1/2018).

Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera dipimpin Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), dihadiri Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, para pejabat utama Mabes TNI AL, pemimpin Kotama TNI AL, pejabat TNI/Polri Surabaya, pejabat Pemprov Jatim dan diikuti pasukan upacara yang terdiri dari peleton Pamen, peleton Pama, peleton Bintara, peleton Tamtama, peleton Korps Marinir dari Batalyon Pangkalan Pertahanan V Surabaya, peleton UHT dan peleton Saka Bahari.

Upacara dan tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ini, dilaksanakan untuk mengenang arwah dan jasa para pahlawan laut yang telah gugur dalam Pertempuran Laut Aru.

Dicatat oleh sejarah, bangsa Indonesia pernah berjuang membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Dalam pembebasan tersebut terjadi pertempuran di Laut Aru antara Angkatan Laut RI dengan Angkatan Laut Kerajaan Belanda.

Pada pertempuran yang tidak seimbang itu, KRI Macan Tutul dengan awaknya dipimpin Komando Senior Officer Present Afloat (SOPA) Komodor Yos Sudarso melakukan perlawanan sengit meskipun akhirnya tertembak dan tenggelam bersama prajurit terbaik ALRI yang gugur 15 Januari 1962.

Peristiwa tersebut, menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia oleh prajurit-prajurit laut dalam menegakkan kedaulatan NKRI, oleh karena itu pimpinan TNI AL, menetapkan bahwa setiap tanggal 15 Januari di peringati sebagai Hari Dharma Samudera.

Usai upacara dan tabur bunga, dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada pelaku sejarah pertempuran Laut Aru dan peresmian pembangunan Komplek TNI AL di Pesapen dengan ditandai penandatanganan prasasti Balai Prajurit, Mess Perwira dan Lapangan Panahan oleh Kasal.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Terguling dan Muatannya Tumpah

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
25o
Kurs