Sabtu, 11 Mei 2024

Kecelakaan Kereta Api VS Mobil Pajero, Polisi akan Periksa Masinis KA Sri Tanjung

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Kecelakaan di perlintasan kereta api Pagesangan menimpa mobil Pajero Sport hitam bernopol W 1165 YV, Minggu (21/10/2018). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Polisi masih mendalami peristiwa kecelakaan di perlintasan kereta api Pagesangan yang menyebabkan tiga orang meninggal dunia, pada Minggu (21/10/2018). Sejumlah saksi juga telah diperiksa, termasuk dua petugas relawan palang pintu dan satu orang pengendara yang melihat langsung kejadian tersebut.

AKP Antara Kanit Laka Lantas Polrestabes Surabaya mengatakan, setelah memeriksa tiga saksi itu pihaknya berencana akan memanggil dari pihak PT KAI yaitu Daop 7 Madiun untuk diperiksa. Polisi akan memeriksa masinis KA Sri Tanjung yang saat itu sedang bertugas dan satu orang asisten masinis.

“Kami sudah periksa 3 saksi, yaitu dua orang relawan petugas palang pintu sama satu orang saksi yang saat kejadian tepat berada di belakang mobil Pajero itu. Ya tentu, kami juga akan melakukan pemanggilan terhadap PT KAI dalam hal ini Daop Madiun yang punya KA Sri Tanjung. Kami akan periksa masinis dan asistennya,” kata Antara, saat dihubungi suarasurabaya.net, Senin (22/10/2018).

Antara juga membenarkan bahwa saat kejadian, sirine memang dalam kondisi mati dan sudah tidak berfungsi. Saat melintas, KA Sri Tanjung sempat membunyikan bel di jarak sekitar 100-200 meter dan mobil Pajero sudah terjebak tidak bisa menghindarinya.

Sebelumnya, Rama salah satu relawan petugas palang pintu juga menyebutkan bahwa kereta melintasi perlintasan tidak menyalakan lampu. Sehingga, dia tidak menyadari bahwa akan ada kereta api yang lewat.

Menanggapi hal itu, pihaknya masih belum bisa menyimpulkan penyebab dari kecelakaan itu. Sebab, kasus ini masih dalam penyelidikan. Bahkan, Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Jatim bersama Unit Laka Lantas Polrestabes Surabaya hari ini menggelar olah TKP di lokasi untuk menguatkan data-data.

“Dugaan masih belum tahu. Kami masih mendalami. Hari ini baru olah TKP. Kami masih menunggu hasilnya. Tadi TAA Polda Jatim sudah turun, masih menyimpulkan gambarannya, nanti bakal digelar di Polda Jatim. Ya perlu beberapa proses,” tuturnya.

Berlangsungnya penyelidikan ini, perlintasan kereta api di Pagesangan ditutup sementara. Polisi juga telah memasang garis polisi di TKP. (ang/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
30o
Kurs